Badai Dorian Hantam Bahama, Ribuan Bangunan Rusak dan 7 Orang Tewas

Kompas.com - 04/09/2019, 20:00 WIB
Sejumlah relawan menerjang hujan di lokasi Badai Dorians di Pulau Bahamas untuk menyelamatkan warga yang terjebak. AP/Ramon EspinosaSejumlah relawan menerjang hujan di lokasi Badai Dorians di Pulau Bahamas untuk menyelamatkan warga yang terjebak.

KOMPAS.com – Kerusakan parah dan jatuhnya 7 korban tewas dilaporkan terjadi di wilayah Bahama, Kuba, Florida, Amerika Serikat akibat terpaan Badai Dorian yang terjadi pada Selasa (3/9/2019) malam waktu setempat.

Badai ini disebut sebagai yang paling mematikan untuk kawasan Karibia, dan apa yang terjadi kali ini disebut oleh sang Perdana Menteri Bahama Hubbert Minnis sebagai krisis nasional terbesar yang pernah terjadi di sana.

“Kami ada di tengah-tengah salah satu krisis nasional terbesar dalam sejarah negara kami,” kata Minnis saat konferensi pers, sebagaimana dilaporkan oleh Associated Press, Rabu (4/9/2019).

Selain 7 kematian yang sudah terkonfirmasi hingga saat ini, badai yang terdiri dari angin kencang disertai hujan yang membawa banjir dan lumpur coklat telah menghancurkan ribuan rumah, melumpuhkan berbagai fasilitas publik.

Warga pun terisolasi di loteng rumah mereka, karena air banjir yang membawa lumpur mencapai ketinggian atap rumah atau pohon-pohon palem.

Baca juga: Miliarder AS dan Putrinya Tewas dalam Kecelakaan Helikopter di Bahama

Juru Bicara Palang Merah Matthew Cochrane menyebut lebih dari 13.000 rumah atau sekitar 45 persen rumah di Grand Bahama dan Abaco rusak parah atau hancur.

Sementara itu, terdapat sekitar 62.000 warga di sana yang membutuhkan air minum bersih juga makanan.

Untuk gelombang pertama, Palang Merah memberikan bantuan sebesar 500.000 dollar AS atau setara dengan 7 miliar rupiah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X