Kompas.com - 04/09/2019, 06:30 WIB
Jenjang pascasarjana semakin dibutuhkan untuk tenaga kerja saat ini. Belakangan, banyak perusahaan menyaring Sumber daya manusia (SDM) berkualitas dengan parameter tingginya jenjang pendidikan. Dok Binus Business SchoolJenjang pascasarjana semakin dibutuhkan untuk tenaga kerja saat ini. Belakangan, banyak perusahaan menyaring Sumber daya manusia (SDM) berkualitas dengan parameter tingginya jenjang pendidikan.

KOMPAS.com - Aulia Kesuma (AK) tersangka pembunuhan suaminya Edi Chandra Purnama dan anak tirinya M Adi Pradana, mengaku suaminya tersebut tidak bekerja sejak menikah pada 2011 silam.

Ia juga kerap bertengkar dengan sang suami karena masalah sepele.

Dalam wawancara di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (3/9/2019), Aulia menyebut bahwa dirinya harus membayar utang senilai Rp 10 miliar dari keringatnya sendiri.

"Pak Edi itu orangnya enggak pernah kerja. Memang saya yang harus menanggung utangnya itu. Sedangkan dia enggak mengerti sama sekali, dia enggak pernah ada niat untuk mencari kerja," kata Aulia sambil terisak menahan tangis.

Dalam pemberitaan tersebut, tidak dipungkiri bahwa saat ini mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Terlebih bagi fresh graduated atau mereka-mereka yang baru saja lulus kuliah.

Mengutip dari CNBC, berikut 6 hal yang harus dilakukan lulusan baru agar cepat mendapat pekerjaan.

1. Prioriaskan koneksi

Menurut pakar karier dari Top Resume Amanda Augustine, Anda harus menjaga dan memperbanyak koneksi yang Anda dapatkan dari perusahaan tempat magang atau bekerja ketika masih kuliah.

Augustine juga menyarankan untuk menjaga hubungan baik serta tetap mengontak teman-teman yang telah terlebih dahulu bekerja.

"Koneksi alami dari jejaring personalmu seringkali dapat mengenalkanmu kepada orang-orang relevan di luar lingkaran sosial yang dapat bernilai ketika mencari pekerjaan," kata Augustine seperti diberitakan Kompas.com (13/8/2019).

Baca juga: Ini Pesan Mentan kepada Petani untuk Bekerja 24 Jam Sehari

2. Jangan lupakan almamater

Ilustrasi WisudaShutterstock Ilustrasi Wisuda

Halaman:

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X