Tak Hanya di Tol Purbaleunyi, Ini 4 Kecelakaan Maut yang Pernah Terjadi di Jalan Tol Indonesia

Kompas.com - 03/09/2019, 05:55 WIB
Kecelakaan beruntun di Cipularang, Jawa Barat Kecelakaan beruntun di Cipularang, Jawa Barat

KOMPAS.com - Kecelakaan beruntun yang melibatkan 21 kendaraan terjadi di kilometer 92 tol Purbaleunyi, Senin (2/9/2019) siang. Dari pemberitaan Kompas.com (2/9/2019) setidaknya delapan orang telah meninggal dunia akibat kecelakaan tersebut hingga Senin (2/9/2019) sore.

Kecelakaan yang terjadi di tol Purbaleunyi tersebut bukanlah satu-satunya kecelakaan parah yang pernah terjadi di jalan tol di Indonesia.

Setidaknya ada 4 kasus kecelakaan parah yang pernah terjadi di jalan tol di Indonesia yang berhasil dirangkum Kompas.com. Berikut perinciannya:

1. Kecelakaan di tol Palikanci yang menewaskan 11 orang

Bus Rukun Sayur menabrak pembatas jalan di KM 202 Tol Palikanci, Jawa Barat, Senin (14/7/2015). Sebanyak 11 orang dilaporkan tewas di tempat.KOMPAS.COM/HILDA ALEXANDER Bus Rukun Sayur menabrak pembatas jalan di KM 202 Tol Palikanci, Jawa Barat, Senin (14/7/2015). Sebanyak 11 orang dilaporkan tewas di tempat.

Dilansir pemberitaan Kompas.com (14/7/2015), bus Rukun Sayur yang melaju dari arah Jakarta mengalami kecelakaan maut setelah menabrak pembatas jalan di kilometer 202.

Kejadian tersebut terjadi di tol Palikanci dan menewaskan setidaknya 11 orang penumpang.

Namun, sang sopir Larto (35), berhasil selamat dari maut dan menuturkan bahwa bus yang ia bawa sempat terseret sebelum akhirnya terperosok ke median jalan hingga akhirnya menabrak tiang jembatan Ciperna.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Moechgiyarto menjelaskan, kecelakaan tersebut terjadi lantaran sang sopir yang mengantuk.

Saat itu, kondisi bus nampak rusak parah dan beberapa penumpang masih terlihat di dalam bus dengan keadaan yang tergencet.

Bus tersebut diketahui disewa oleh sejumlah pekerja konstruksi dari proyek pembangunan di Jalan Gatot Subroto, Jakarta yang akan pulang ke kampung halaman mereka di Jawa Tengah.

Baca juga: Cerita di Balik Kecelakaan Tol Purbaleunyi, Teriakan Minta Tolong hingga Terjepit Mobil

2. Kecelakaan di tol Cipali yang menewaskan 11 orang

Sebelas orang tewas dan tiga orang luka berat dalam kecelakaan minibus Elf dengan nomor polisi B 8378 OU di Tol Cipali, Jawa Barat, Kamis (3/12/2015).dok.Humas Polda Jabar Sebelas orang tewas dan tiga orang luka berat dalam kecelakaan minibus Elf dengan nomor polisi B 8378 OU di Tol Cipali, Jawa Barat, Kamis (3/12/2015).

Dilaporkan pemberitaan Kompas.com (3/12/2015), kecelakaan yang menewaskan 11 orang juga terjadi di Tol Cipali, Jawa Barat pada Kamis (3/12/2015).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X