Video: Hoaks atau Fakta 26 Agustus -1 September 2019

Kompas.com - 01/09/2019, 18:00 WIB
Video Hoaks Atau Fakta Pekan Ini KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoVideo Hoaks Atau Fakta Pekan Ini

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com – Informasi hoaks atau sumir saat ini menjadi musuh bagi masyarakat, khususnya mereka yang kerap menerima informasi dari media sosial atau aplikasi perpesanan.

Betapa tidak, keberadaannya kini bercampur menjadi satu bersama dengan informasi-informasi lain. Tentu dibutuhkan kejelian bagi kita untuk dapat terhindar dari terpaan kabar bohong. Apalagi jika kabar tersebut sampai merugikan kita.

Sebagai bagian dari International Fact-Checking Network (IFCN), Kompas.com rutin melakukan konfirmasi kebenaran dari informasi yng tersebar secara bebas di tengah masyarakat di media sosial.

Pekan ini, terdapat 5 informasi yang berhasil terklarifikasi. Sebagian besar terbukti sebagai hoaks, sementara yang lain mendapat klarifikasi dari pihak yang bersangkutan, ada pula yang diakui sebagai suatu fakta.

Misalnya informasi tentang larangan penumpang Garuda Indonesia membawa MacBook Pro dalam penerbangan.

Semua infromasi itu telah kami rangkumkan dalam video Hoaks atau Fakta Pekan Ini:

Tidak hanya kami, Anda juga memiliki kesempatan yang sama untuk memberikan sumbangsih secara aktif menemukan kabar-kabar yang terindikasi sebagai hoaks, dengan cara melaporkan temuan tersebut kepada kami.

Caranya cukup kilk tautan berikut ini, dan masukkan informasi yang bersangkutan, tidak lupa dengan diertai alasan mengapa Anda menyebut informasi tersebut sebagai sebuah hoaks.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X