Menilik Kebiasaan Unik Warga Bawean, Parkir Motor Tanpa Cabut Kunci

Kompas.com - 01/09/2019, 07:00 WIB
Sepeda motor yang diparkir dengan kunci tergantung di depan Masjid Besar Bawean KOMPAS.com/Luthfia Ayu AzanellaSepeda motor yang diparkir dengan kunci tergantung di depan Masjid Besar Bawean

KOMPAS.com – Sebagian besar masyarakat Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur memiliki kebiasaan yang cukup unik, yakni meninggalkan sepeda motornya di tepi jalan atau di lokasi parkir dengan kunci masih tergantung pada lubang kunci.

Padahal, bagi sebagian besar orang, kendaraan bermotor termasuk salah satu benda berharga yang akan dijaga keamannya. Berbagai cara diupayakan agar kendaraan yang didapat tidak dengan harga murah itu tetap aman dari tangan pencuri.

Misalnya dengan memasukkannya ke dalam garasi rumah, atau mengunci stang saat akan meninggalkannya dalam jangka waktu yang cukup lama.

Berbeda dengan pemilik kendaraan pada umumnya, masyarakat di Pulau Bawean justru terkesan abai dengan keamanan kendaraan terutama sepeda motor mereka.

Baca juga: Menjejak Surga Tersembunyi di Utara Surabaya, Noko Selayar

Saat memarkirkan sepeda motornya di tepi jalan atau depan rumah, mereka dengan tenang akan meninggalkannya tanpa mencabut kunci yang masih terpasang.

Bagi mereka yang bukan merupakan masyarakat setempat, pemandangan ini tentu membuat geleng-geleng kepala.

Jika sehari-hari, kita sangat panik karena takut terjadi pencurian sepeda motor ketika mengetahui kunci masih tertinggal, lain halnya dengan masyarakat di Pulau Bawean.

Mereka dengan santainya meninggalkan sepeda motornya beserta kunci yang terpasang, tanpa ada rasa takut kendaraannya akan dilarikan oleh oknum pencuri.

"Biar saja ditinggal, memang sudah biasa, tidak ada yang akan curi," kata salah seorang warga yang sempat ditemui Kompas.com di kawasan Alun-Alun Sangkapura.

Tidak hanya satu atau dua kendaraan di satu tempat, hal seperti ini banyak ditemui di sepanjang jalan di kawasan Pulau Bawean.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X