Tinggal di Asrama? Begini Tips Menata Ruangannya

Kompas.com - 31/08/2019, 19:00 WIB
Ilustrasi kamar asrama Ilustrasi kamar asrama

KOMPAS.com - Tinggal di asrama merupakan salah satu langkah untuk menuju kemandirian hidup. Beberapa orang memilih tinggal di asrama untuk melanjutkan pendidikan atau memulai pekerjaan baru.

Namun, memulai hidup baru di luar lingkungan rumah dan keluarga juga memiliki tantangan tersendiri.

Terlebih, ruang asrama berbeda dengan ruang pribadi di rumah. Anda tidak bisa seenaknya mengubah atau mendekorasi sesuai keinginan.

Selain itu, ruang kamar di asrama biasanya juga didesain tidak terlalu luas. Untuk itu, Anda perlu menyesuaikan beberapa hal saat memutuskan untuk hidup di tempat ini.

Baca juga: Beasiswa Penuh S1 di Kuwait University termasuk Tiket dan Asrama

Apakah Anda baru saja memutuskan untuk tinggal di asrama? Berikut tipsnya:

Hindari dekorasi permanen

Sebelum mendekorasi ruang asrama, ingat, Anda hanya tinggal di tempat itu selama beberapa tahun saja. Selain itu, Anda ruangan yang Anda tempati tidak permanen.

Dengan demikian, hindari dekorasi permanen, seperti mengecat, memaku, atau menempelkan dengan double tape yang akan menyisakan lem pada dinding ruangan.

Namun jika Anda bersikeras untuk menghias ruangan, gunakan stiker dinding yang kini tersedia dengan berbagai ukuran, corak, warna, dan bentuk yang bisa dipilih sesuka hati.

Pilih barang yang penting

Jangan memenuhi ruang asrama dengan berbagai barang yang tidak penting. Sebaliknya, pilih benda-benda yang memiliki fungsi ganda, misalnya bangku ottoman yang juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan.

Jangan lupa juga untuk melengkapi ruangan dengan tempat sampah dan tempat cucian untuk memudahkan keseharian Anda.

Gunakan rak beroda

Rak yang dilengkapi dengan roda dapat digunakan untuk memindahkan berbagai macam barang dalam waktu singkat. Selain itu, untuk mengakali ruang asrama yang cenderung sempit, rak dengan fungsi ini mudah dipindah di mana saja.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X