Menjejak Surga Tersembunyi di Utara Surabaya, Noko Selayar

Kompas.com - 31/08/2019, 16:00 WIB
Foto udara Noko selayar di kawasan Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur KOMPAS.com/Luthfia Ayu AzanellaFoto udara Noko selayar di kawasan Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur

KOMPAS.com – Kabupaten Gresik, Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Surabaya di sisi barat daya, ternyata menyimpan pesona alam yang belum banyak diketahui oleh masyarakat.

Gresik selama ini terkenal sebagai kota industri, namun jauh di wilayah lautannya Gresik memiliki surga tersembunyi bernama Pulau Noko atau kerap juga disebut Noko Selayar.

Sebuah pantai kecil dengan hamparan pasir putih yang bersih, juga pasir timbul yang memanjang di tengah perairan yang sangat jernih.

Noko Selayar terletak di sisi timur Pulau Bawean, pulau endemik salah satu hewan yang sempat menjadi maskot gelaran Asian Games 2018 lalu, ya Rusa Bawean.

Baca juga: Serunya Petik Sayuran dan Buah Langsung ala Pedesaan di Kota Gresik

Perjalanan menuju Noko Selayar

Beberapa waktu lalu, Kompas.com sempat menyambangi pulau yang ada di Laut Jawa ini dengan berangkat dari Surakarta menggunakan kereta api menuju Surabaya.

Sesampainya di Stasiun Gubeng Surabaya, perjalanan dilanjutkan menuju Pelabuhan Gresik dengan menggunakan taksi online, karena mengejar waktu keberangkatan kapal.

Namun jika tidak terburu-buru dan ingin merasakan sensasi perjalanan yang sesungguhnya, Anda bisa menggunakan transportasi umum seperti bus antarkota.

Caranya dengan menuju ke Terminal Bungurasih Surabaya dan mencari bus dengan tujuan Terminal Osowilangun, Gresik.

Sesampainya di Pelabuhan Gresik, maka bersiaplah mengarungi lautan kurang lebih selama 4 jam jika menggunakan kapal ekspres, atau 8 jam jika menggunakan kapal feri.

Waktu tempuh sangat tergantung dengan besar kecilnya gelombang laut yang ada. Bisa saja perjalanan Anda lebih cepat, atau sebaliknya, lebih lama.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X