Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Langsung Dibuang, Air Cucian Beras Punya Beragam Kegunaan

Kompas.com - 31/08/2019, 15:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di tengah gempuran teknologi saat ini, bahan-bahan alami masih menjadi primadona. Bahan alami dipilih karena lebih murah dan mudah untuk digunakan. Salah satunya adalah air bekas cucian beras.

Air bekas cucian beras bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Dengan sedikit kreativitas, Anda bisa mendapatkan kegunaan dari bahan ini, seperti:

Membersihkan peralatan rumah

Rendam satu cangkir beras ke dalam air mentah lalu bersihkan hingga larutan berubah warna menjadi putih susu. Kemudian angkat beras dengan menggunakan saringan.

Lalu celupkan kain bersih ke dalam air beras dan gunakan untuk memberiahkan berbagai benda atau permukaan.

Baca juga: Trik Cantik, Racikan Air Beras Jadikan Kulit Wajah Lebih Cerah dan Lembut

Jika masih ada sisa, Anda bisa menyimpannya ke dalam botol untuk digunakan pada hari selanjutnya.

Agar hasil pembersihan maksimal, gunakan beras putih dengan butiran yang cenderung pendek karena memiliki kandungan pati yang lebih banyak. Jenis beras ini memiliki lebih banyak asam dengan pH lebih rendah daripada varietas lainnya.

Ilustrasi air berasGuiyuan Ilustrasi air beras

Membersihkan wajah

Air beras mengandung vitamin B,C,E dan mineral. Komposisi vitamin ini ampuh untuk mengurangi pori-pori, melembutkan, serta mencerahkan kulit.

Selain itu, kandungan yang terdapat pada air cucian beras bisa melindungi kulit dari efek negatif sinar matahari.

Caranya mudah, Anda cukup menyediakan setengah mangkuk beras putih berukuran medium. Kemudian rendam beras dengan air mentah secukupnya pada mangkuk yang terbuat dari kaca.

Setelah itu tutup mangkuk selama 15 menit. Lalu saring air dan letakkan pada wadah lain yang bersih. Kemudian Anda bisa mengoleskannya pada wajah sembari dipijat ringan selama satu menit. Terakhir, cuci wajah dengan menggunakan air bersih.

Membersihkan leher

Leher sering kali menjadi salah satu tempat yang sulit dijangkau saat dibersihkan. Air cucian beras efektif untuk membersihkan leher terutama pada bagian belakang. Gunakan larutan untuk memijat leher selama 10 menit sebelum mandi.

Lakukan hal ini terus menerus hingga kulit leher benar-benar basah. Semakin basah kulit, maka kotoran pada leher akan semakin mudah rontok.

Baca juga: Manfaat Air Beras untuk Kesehatan dan Keindahan Rambut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com