Selain Prestasi Cucu Gus Dur, Ini 8 Inovasi Peneliti Muda Indonesia di Kancah Internasional

Kompas.com - 27/08/2019, 11:59 WIB
Tim Indonesia terdiri dari siswa SMA dan SMP, salah satunya cucu Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), dari berbagai wilayah di Indonesia berhasil menyabet 1 medali emas, 3 medali perak dan 3 medali perunggu dalam International Conference of Young Social Scientists (ICYSS) 2019. DOK. PRIBADI/MONIKA RAHARTITim Indonesia terdiri dari siswa SMA dan SMP, salah satunya cucu Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), dari berbagai wilayah di Indonesia berhasil menyabet 1 medali emas, 3 medali perak dan 3 medali perunggu dalam International Conference of Young Social Scientists (ICYSS) 2019.

KOMPAS.com - Shabrina Arinka, cucu presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur tengah menjadi perbincangan publik karena prestasinya mendapatkan penghargaan dalam kompetisi internasional.

Putri Alissa Qotrunnada Munawaroh atau Alissa Wahid itu berhasil menyabet medali perak di ajang International Conference of Young Social Scientists (ICYSS) 2019 yang berlangsung di Belgrade, Serbia.

Arinka dan seorang rekannya, Maria Angelita, meraih perak bidang sosiologi melalui penelitian Fake News and Election Through The Lens of Millennials and Gen Z.

Baca juga: Indonesia Berprestasi di Ajang Peneliti Muda Dunia, Cucu Gus Dur Raih Perak

Selain Arinka, sejumlah anak muda Indonesia tercatat pernah menyabet penghargaan internasional dari berbagai bidang.

Siapa saja dan apa yang diteliti?

1. Tanaman Bajakah

Publik dihebohkan dengan pemberitaan mengenai tanaman khas Kalimantan, Bajakah, yang diklaim dapat sembuhkan kanker.

Penelitian yang meraih medali emas di Seoul, Korea Selatan ini dilakukan oleh tiga siswa SMAN 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Mereka adalah Anggi Aysa, dan Yazid, juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2. Kapal Katamaran

Sebanyak 14 mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia yang tergabung dalam Hydros FTUI menjadi satu-satunya wakil Asia di ajang The Solar & Energy Boat Challenge 2019.

Tim UI ini berhasil meraih juara empat di Monako, Perancis.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X