Pelajaran dari Dian Sastro dan Sikap Terbuka Orangtua dengan Anak Berkebutuhan Khusus...

Kompas.com - 26/08/2019, 09:31 WIB
Aktris Dian Sastrowardoyo dan Galaxy S10. KOMPAS.com/ OIK YUSUFAktris Dian Sastrowardoyo dan Galaxy S10.

JAKARTA, KOMPAS.com – "Bahwa sinar terang di ujung jalan tuh ada kok. Selama kita teguh, gigih, jangan patah semangat, terus kita punya optimisme, Insya Allah nanti jawabannya ada kok, hasilnya ada".

Demikian pernyataan yang disampaikan artis peran Dian Sastrowardoyo, dikenal dengan Dian Sastro, saat jumpa pers Special Kids Expo (SPEKIX) 2019 yang digelar di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019).

Pernyataan itu disampaikan Dian Sastro untuk menyemangati para orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus, sama seperti dirinya.

Ya, putra sulung Dian, Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo, merupakan anak berkebutuhan khusus dan terdiagnosa autisme.

Pada kesempatan itu, Dian blak-blakan soal kondisi Shailendra dan terapi yang pernah dijalaninya.

Baca juga: Dian Sastro: Aku Ingin Orang Terbuka jika Punya Anak Berkebutuhan Khusus

Kini, Shailendra yang sudah duduk di kelas 3 SD tersebut tak lagi menjalani terapi khusus.

"Aku ingin orang terbuka saja jika anak punya kebutuhan khusus. Kalau kita tolong dari kecil, saat sekolah dasar dia sudah dianggap enggak terlalu berbeda sama anak lainnya," ujar Dian Sastro.

Banyak hal positif yang dibagikan Dian Sastro melalui sikap terbukanya.

Bagaimana seharusnya orangtua bersikap ketika memiliki anak berkebutuhan khusus seperti Dian Sastro?

Psikolog dari Lembaga Psikologi Anava, Solo, Jawa Tengah, Maya Savitri, S. Psi, Psikolog, Ch., Cht, mengatakan, orangtua seharusnya menerima apa pun kondisi putra-putrinya.

“Tuhan tidak pernah salah menitipkan anak-anak itu kepada orangtuanya,” ujar Maya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (25/8/2019) malam.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X