Belajar dari Satpam di Serpong, Ini yang Harus Dilakukan Ketika Melihat Ular

Kompas.com - 24/08/2019, 07:57 WIB
Ular weling PIXABAYUlar weling


KOMPAS.com - Seorang petugas keamanan (satpam) di Gading Serpong, Tangerang, Banten, bernama Iskandar (45) meninggal setelah digigit seekor ular Weling pada Selasa (20/8/2019).

Korban meninggal setelah sempat menjalani perawatan di rumah sakit Umum Tangerang.

Kasus gigitan ular bukanlah sebuah kasus baru Indonesia.

Pada Juli lalu, Bripda Desri Sahroni (40) juga mengalami kasus yang sama.

Ia meninggal setelah digigit ular derik di sekitar Pos Iwaka, Kencana, Kabupaten Mimika, Papua (27/7/2019).

Lantas, apa yang harus kita lakukan ketika melihat atau menemukan ular berbisa di sekitar kita?

Peneliti reptil dan amfibi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Amir Hamidy, mengungkapkan bahwa penanganan ular tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

"Yang namanya menangani ular berbisa itu tidak boleh sembarangan, jadi harus punya skill handling yang bagus atau punya pengalaman," kata Amir saat dihubungi Kompas.com, Kamis (23/8/2019).

"Kalau handling (menangani ular), itu jangan sampai menyentuh ularnya," lanjut dia.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X