Akankah TV Bernasib Sama dengan Koran dan Majalah?

Kompas.com - 24/08/2019, 07:13 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.

 

KOMPAS.com - Ada pernyataan terkenal dari filsuf dan pakar komunikasi Marshal McLuhan: "medium is the message." Ia menulis itu dalam bukunya Understanding Media: The Extensions of Man yang terbit tahun 1964.

Kalimat lawas itu terasa masih relevan hingga saat ini.

Dengan "medium is the message" McLuhan kira-kira ingin menyampaikan, yang mengubah masyarakat bukan hanya isi pesannya, tapi pertama-tama adalah medium pesannya.

Kehadiran televisi mengubah perilaku audiens. Di semua tempat ketika televisi mulai populer, ruang keluarga menjadi tempat sakral. Semua anggota keluarga berkumpul menonton televisi bersama.

Baca juga: Siapa Masih Menonton Televisi? Angkat Tangan!

Televisi juga kerap disebut menyebabkan obesitas. Para penikmat televisi banyak hanya duduk menghabiskan waktu di depan layar sambil ngemil.

Setelah era televisi, teknologi berkembang melahirkan internet sebagai medium baru. Yang mengubah perilaku masyarakat bukan hanya konten-konten di internet, tapi medium internetnya.

Hadirnya internet yang layanannya bisa dinikmati di layar ponsel membuat masyarakat meninggalkan media cetak. Perilaku konsumen informasi berubah. Di internet, beragam konten informasi bisa dinikmati gratis, bahkan bisa memilih mana yang ingin dinikmati.

Berdasarkan survei GlobalWebIndex dari 2014-2018 terhadap 391.130 responden di seluruh dunia, media cetak seperti koran dan majalah, rata-rata hanya dibaca 43 menit per hari. Padahal, media online dikonsumsi 6 jam 45 menit per hari.

Apakah Anda masih membaca surat kabar? Apakah anak Anda masih memegang surat kabar atau majalah?

Di Amerika Serikat, sirkulasi media cetak turun dari 60 juta di tahun 1994 menjadi hanya 35 juta di 2018, itu pun sudah ditambah sirkulasi digital.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X