Ingat, Begini Aturan Menyimpan Obat yang Benar agar Tak Rusak

Kompas.com - 22/08/2019, 06:30 WIB
Ilustrasi obat, obat-obatan ShutterstockIlustrasi obat, obat-obatan

KOMPAS.com - Ketika membeli obat di apotek, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti nama obat dan kandungannya, dosis, penggunaan, dan cara penyimpanannya.

Ada baiknya, saat memilih obat di apotek, baca aturan penyimpanan obat pada kemasan, apakah harus disimpan pada suhu kamar/suhu dingin atau aturan penyimpanan lainnya.

Menyimpan obat dengan baik dan benar bisa meminimalisir kerusakan pada obat.

Apoteker asal Banyumas, Uswatun Nurul Falah, S.Farm., Apt mengungkapkan bahwa semua obat memiliki masa kadaluarsa masing-masing sesuai dengan sediaanya.

Untuk mempermudah memahami kapan waktu kadaluarsa bisa melihat pada kemasan obat.

Baca juga: Kasus Ibu Hamil di Kamal Muara, Ini Beda Obat dan Vitamin Kedaluwarsa

"Kalau di tangan pasien, cara penyimpanannya sesuai dengan suhu yang dianjurkan, InsyaAllah masa kadaluarsanya sesuai dengan yang di kemasan," ujar Ulfah saat dihubungi Kompas.com pada Rabu (21/8/2019).

Menurut Ulfah, pada umumnya hampir semua obat harus disimpan di suhu ruang (sekitar 25-30 derajat celsius), namun ada beberapa obat yang disimpan di suhu dingin atau suhu kulkas dengan ketingkatan suhu tertentu.

Penyimpanan obat setelah dibuka tutupnya

Selain itu, Ulfah mengungkapkan untuk sediaan obat dengan bentuk tablet bisa bertahan lama jika disimpan dengan benar dan memotongnya dilakukan secara benar juga.

Kemudian untuk obat berbentuk sirup, setelah dibuka segelnya, obat hanya bisa bertahan hanya 1 bulan.

"Khusus untuk sediaan antibiotik sirup kering, misal amoxicillin harus diminum sampai habis (atau paling lama 7 hari), kalau lebih dari 7 hari belum habis, harus dibuang, tidak boleh diminum lagi buat besok-besok," ujar pemilik dan pengelola Apotek Nufa yang berlokasi di Kecamatan Tambak, Kabupaten Banyumas.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X