Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudah, Ini Cara Pesan Makanan Saat Naik Kereta Api Jarak Jauh

KOMPAS.com - Sebuah unggahan penumpang kereta api yang bisa memesan makanan dari luar stasiun, viral di media sosial TikTok setelah diunggah akun TikTok @gerielfarah pada (27/3/2023).

"Nitip beli makanan dari luar stasiun ke petugas KAI. Emang kamu sodaraan ya mbak sama petugasnya? Enak banget nggak perlu turun dari kereta makanannya sudah siap sedia," kata akun tersebut.

Akun tersebut menjelaskan, nitip beli makanan yang dimaksud adalah menggunakan menu Railfood yang terdapat pada aplikasi KAI Access.

Pengunggah juga mengungkapkan bahwa menu yang bisa dipesan adalah menu-menu makanan di daerah yang dilewati kereta.

"Ini dibeli langsung dari restorannya jadi nggak bisa langsung pesen," kata pengunggah lebih lanjut.

Ia juga mengatakan biasanya pengunggah menyiapkan waktu sekitar 3 jam untuk memesan sebelum sampai di kota tempat restoran berada.

Ia menjelaskan, penumpang kereta api jika sudah mendapatkan kode booking maka dapat membuka menu Railfood di aplikasi KAI Access.

Nantinya menu makanan di aplikasi Railfood secara otomatis akan tersedia berupa berbagai pilihan menu makanan khas daerah sesuai dengan yang dilalui kereta, serta menu yang tersedia di atas kereta api.

"Jadi acuan menu makanan, hanya di Railfood, sesuai aplikasi mengikuti perjalanan kereta," kata Nyoman dihubungi Kompas.com (28/3/2023).


Pesan sejak awal keberangkatan

Pihaknya mengatakan bagi masyarakat yang ingin melakukan pemesanan makanan maka bisa dilakukan sejak awal keberangkatan selama sudah mendapatkan kode booking.

"Ketika kita sudah payment tiket, otomatis kan sudah dapat kode booking tiket perjalanan. Nah kita sudah bisa pesan (makanan)," kata dia.

Pemesanan via railfood dapat dilakukan di atas kereta saat perjalanan ataupun sebelum keberangkatan kereta.

Ia mengimbau, pemesanan sebaiknya dilakukan sejak awal karena makanan yang dipesan melalui aplikasi Railfood memerlukan waktu untuk proses pembelian dan penyiapan di stasiun antara.

"Karena memang pre order di luar dari kereta makan," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pesan makanan melalui Railfood KAI Access sudah bisa dilakukan sejak 2021, dan tersedia di seluruh kereta api jarak jauh.

" Alasan diciptakannya aplikasi Railfood selain mengikuti perkembangan teknologi untuk memudahkan penumpang melakukan pemesanan makanan. Juga untuk mensupport UMKM daerah dengan menjual kuliner-kuliner khas daerah yang dilewati oleh kereta," ujarnya.

Cara pesan makanan melalui menu railfood KAI Access

Selengkapnya, untuk melakukan pemesanan makanan melalui railfood KAI Access yakni sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi KAI Accsess
  2. Pilih ikon Railfood
  3. Pilih kode booking perjalanan KA
  4. Pilih menu makanan yang diinginkan
  5. Lanjutkan pembayaran

Selanjutnya makanan atau minuman akan diantar ke tempat duduk oleh petugas.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/03/29/060000165/mudah-ini-cara-pesan-makanan-saat-naik-kereta-api-jarak-jauh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke