Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral, Video Pengendara Motor Tertabrak Kereta di Perlintasan Angke, KCI: Terobos Palang yang Sudah Tertutup

KOMPAS.com - Sebuah video yang memperlihatkan keramaian di perlintasan kereta api Angke, Jakarta Barat, viral di media sosial.

Video itu diunggah oleh akun Instagram ini pada Sabtu (11/3/2023).

"Terjadi laka lantas sepeda motor tertabrak di lintasan kereta api angke," tulis pengunggah.

Tampak dalam video, orang-orang memadati lokasi terjadinya kecelakaan tersebut. Beberapa petugas terlihat berada di bawah kolong rel kereta api, diduga tengah mengevakuasi korban.

Masih dalam unggahan yang sama, pengunggah juga menyertakan foto yang menampakkan kerumunan orang melongok ke bawah kolong rel kereta api.

Video ini pun menuai perhatian warganet, dan telah disukai lebih dari 1.000 pengguna dan komentar dari 40 warganet Instagram.

Beberapa warganet turut menyampaikan duka cita atas kecelakaan tersebut. Namun, tak jarang warganet yang mengaku kesal dengan pengendara yang gemar menerobos palang kereta.

"Gue tuh kalo lewat sini suka kesel sendiri, pengendara motor main asal terabas aja padahal udah ada alarm kereta lewat," kata salah satu warganet.

"Keretanya nerobos palang pintu jalur motor," tulis warganet lain.

Lantas, bagaimana penjelasan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter?

Penjelasan KAI Commuter

Saat dikonfirmasi, Manager External Relations & Corporate Image Care KAI Commuter Leza Arlan, membenarkan kecelakaan tersebut.

Menurut dia, peristiwa dalam video itu terjadi pada Sabtu (11/3/2023) sekitar pukul 16.40 WIB.

"Seorang pengendara sepeda motor menerobos palang pintu yang sudah tertutup di pintu perlintasan Angke–Kampung Bandan," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (12/3/2023).

Leza menjelaskan, pengendara tersebut memaksa menyebrang dari arah Tubagus Angke ke arah Pekojan, Jakarta Barat, hingga tertabrak kereta.

Pihak berwajib dari Polsek Tambora kemudian mengidentifikasi dan mengevakuasi korban.

Selanjutnya, korban pun dibawa ke Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat.

Adapun berkenaan dengan palang di perlintasan kereta api, Leza mengimbau pengguna jalan untuk tidak menerobosnya jika sudah tertutup.

"Dahulukan perjalanan kereta, jadilah pengguna jalan yang tertib dan selalu menjaga keselamatan selama berkendara," kata Leza.

Korban meninggal dunia

Sementara itu, diberitakan Antara, Sabtu (11/3/2023), korban kecelakaan dalam video merupakan pengendara motor berinisial HW (58).

Kapolsek Tambora Kompol Putra Pratama menerangkan, warga sekitar sudah meneriaki HW untuk segera menghindar, tetapi korban tidak mengindahkan peringatan dan tetap menerobos palang kereta yang tertutup.

Akibatnya, korban dan motornya tertabrak dan terpental kurang lebih lima meter dari lokasi kejadian. Korban pun meninggal dunia di lokasi.

Putra turut mengimbau, untuk selalu menaati peraturan lalu lintas, termasuk berhenti saat pintu palang kereta sudah tertutup.

"Sabar dalam berkendara, utamakan keselamatan diri dan orang lain," kata dia.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/03/12/131000565/viral-video-pengendara-motor-tertabrak-kereta-di-perlintasan-angke-kci-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke