Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Ramuan Herbal untuk Mengatasi Insomnia, Apa Saja?

KOMPAS.com - Insomnia adalah kondisi di mana tubuh tidak memiliki kemampuan untuk mencukupi kebutuhan tidur dan membuat penderitanya kesulitan untuk tidur.

Ada beberapa jenis minuman yang dapat membantu seseorang rileks setelah melewati hari yang melelahkan, hingga membantu bisa tidur dengan nyaman.

Banyak jenis teh herbal telah digunakan sebagai obat tidur alami selama berabad-abad, berkat kemampuannya mengatasi insomnia, stres, dan kecemasan.

Bagi Anda yang mengalami insomnia atau sering susah tidur, berikut beberapa minuman herbal yang bisa mengatasi permasalahan tersebut:

1. Teh chamomile

Dilansir dari Medical News Today, beberapa orang minum teh chamomile untuk mengobati insomnia karena efeknya yang menenangkan.

Dalam sebuah penelitian, pengaruh teh chamomile untuk membantu seseorang mudah tertidur berasal dari kandungan flavonoid-nya, yakni apigenin.

Apigenin berikatan dengan reseptor benzodiazepine di otak, yang memiliki efek sedatif.

Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap teh chamomile. Namun BPOM Amerika Serikat (FDA) menempatkan chamomile pada daftar aman.

Meskipun teh hijau mengandung kafein, beberapa zat yang ditemukan dalamnya ternyata dapat membantu orang untuk tidur, karena bekerja pada sistem gamma-aminobutyric acid (GABA) di otak.

Untuk mempelajari efek ini, peneliti memberi orang dewasa paruh baya teh hijau yang rendah kafein untuk dikonsumsi sebelum tidur.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa minum teh hijau rendah kafein dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dibandingkan dengan teh hijau standar.

3. Jus ceri

Studi kecil pada 2018 menunjukkan bahwa jus ceri meningkatkan waktu tidur dan efisiensi tidur.

Para peneliti mengatakan, jus ceri meningkatkan ketersediaan triptofan dalam tubuh, yang menyebabkan seseorang bisa tidur lebih nyenyak.

Ceri juga mengandung melatonin dan zat anti-inflamasi lainnya yang dapat menjelaskan pengaruhnya terhadap tidur.

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi penelitian ini.

4. Teh lavender

Teh lavender dibuat dengan menyeduh kuncup bunga lavender dalam air, sehingga menciptakan minuman berwarna ungu cerah dengan rasa dan aroma yang khas.

Dilansir dari laman Healthline, tidak hanya sering dinikmati sebagai teh pengantar tidur yang menenangkan, beberapa penelitian juga mendukung bahwa lavender dapat meningkatkan relaksasi dan meningkatkan kualitas tidur.

Sebuah studi yang dilakukan pada lansia juga menunjukkan bahwa teh lavender secara efektif menurunkan gejala depresi dan kecemasan, yang keduanya dapat menyebabkan insomnia.

Valerian adalah jenis tanaman berbunga yang biasanya digunakan sebagai ramuan atau suplemen.

Akar kering dari tanaman ini kemudian digunakan untuk membuat teh valerian, yang terkadang digunakan sebagai obat tidur alami.

Teh valerian diyakini dapat meningkatkan kadar neurotransmitter GABA pada otak, sehingga mengurangi kecemasan.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa akar valerian dapat membantu mengatasi kecemasan, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan perasaan rileks dan tenang.

Namun, masih diperlukan penelitian khusus tentang efek pasti dari teh valerian.

6. Teh Magnolia

Terbuat dari kulit kayu, pucuk, dan batang tanaman magnolia yang dikeringkan, teh magnolia sering digunakan sebagai obat tidur alami dalam pengobatan tradisional.

Tumbuhan tersebut mengandung honokiol dan magnolol, yakni senyawa yang memiliki efek sedatif.

Menurut sebuah penelitian pada wanita yang baru melahirkan, minum teh magnolia selama 3 minggu, secara signifikan meningkatkan depresi dan kualitas tidur, dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Namun, penelitian yang lebih baru diperlukan untuk mengevaluasi dengan lebih baik bagaimana teh magnolia dapat memengaruhi tidur.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/02/07/211500165/6-ramuan-herbal-untuk-mengatasi-insomnia-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke