Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Bandara Internasional di Indonesia: Totalnya Ada 32, Mana Saja?

KOMPAS.com - Mencuat rencana pemangkasan jumlah bandara internasional di Indonesia menjadi hanya 15.

Diberitakan Kompas.com, Kamis (2/2/2023), pembukaan 15 bandara internasional itu telah disepakai dalam rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menparekraf Sandiaga Uno.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Rabu (1/2/2023).

"Di situ ada kesepakatan, silakan Pak Menhub kita akan membuka international airport 14-15 saja," ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Rabu (1/2/2023).

Lantas, berapa total bandara internasional di Indonesia saat ini?

Berikut total bandara internasional yang ada di Indonesia seperti dilansir dari laman Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub:

Erick menyatakan, pemangkasan bandara internasional dilakukan untuk mendukung peningkatan pariwisata dalam negeri.

Konektivitas penerbangan lokal pun akan diperbaiki, dengan harapan masyarakat mau berlibur di tempat-tempat wisata dalam negeri.

Tak hanya itu, Erick menyebutkan, pemangkasan jumlah bandara internasional di Indonesia juga bertujuan mengurangi WNI yang berlibur ke luar negeri.

"Yang kita tidak mau kan membuka airport sebesar-besarnya lebih banyak orang Indonesia yang ke luar negeri daripada yang di dalam negeri," kata Erick.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/02/03/211000165/daftar-bandara-internasional-di-indonesia--totalnya-ada-32-mana-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke