Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral, Video Konsumen Ambil Uang Saat Tolong Petugas SPBU yang Kejang, Pertamina: Bantu Pungut Uang yang Tercecer

KOMPAS.com - Video seorang konsumen mengambil uang saat menolong petugas SPBU yang jatuh dan kejang, viral di media sosial.

Video tersebut salah satunya diunggah oleh akun Instagram ini pada Selasa (31/1/2023), dan disebut berlokasi di SPBU 34.164.02, Depok, Jawa Barat.

"Seorang pegawai spbu mengalami sakit ayan saat mengisi BBM ke konsumen pegawai tersebut langsung jatuh dan di tolong konsumen. Diduga konsumen tersebut menolong sambil ambil uang 100rb milik pegawai spbu yang sedang mengalami sakit ayan," narasi pengunggah.

Tampak dalam video CCTV, petugas SPBU Pertamina tengah mengisi tangki sepeda motor konsumen laki-laki berkaos merah dan perempuan berbaju hitam.

Namun tak lama, petugas tersebut kejang dan terjatuh hingga nozzel SPBU lepas dari tangki. Orang-orang segera menolong, termasuk konsumen tersebut.

Konsumen berkaos merah terlihat mendekati petugas dan mengambil uang pecahan Rp 100.000, kemudian memasukkan uang ke dalam kantong belakang celana.

Petugas lain selanjutnya mengembalikan nozzel ke dalam dispenser SPBU, sedangkan konsumen perempuan memundurkan motor agar menjauhi petugas yang kejang.

Hingga Rabu (1/2/2023) pagi, video viral ini telah menuai lebih dari 430 suka dan 42 komentar.

Lantas, bagaimana kejadian sebenarnya?

Penjelasan Pertamina

Saat dikonfirmasi, Area Manager Communication, Relation, & CSR Regional Jawa Bagian Barat Pertamina Patra Niaga, Eko Kristiawan, membenarkan peristiwa jatuhnya petugas SPBU dalam video.

"Kejadiannya di SPBU 34.164.02, Jalan Raya Margonda Kota Depok, Selasa, 31 Januari 2023 pukul 00.55 WIB," kata dia kepada Kompas.com, Rabu (1/2/2023).

Eko memaparkan, peristiwa bermula saat petugas atau operator SPBU tersebut melayani konsumen yang mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite.

Tiba-tiba, operator SPBU dengan seragam berwarna merah itu terjatuh dan mengalami kejang serta muntah.

"Petugas SPBU yang lain dan konsumen tersebut membantu untuk menyadarkan dan mengamankan uang hasil penjualan yang berceceran," jelas Eko.

Kemudian, operator tersebut dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Membantu mengambil uang yang tercecer

Menurut Eko, rekaman CCTV atau kamera pengawas memperlihatkan konsumen yang membantu operator tersebut mengambil uang yang tercecer.

Namun demikian, tidak terlihat jelas uang pecahan maupun jumlah nominal yang diambil. Uang tersebut, lanjut Eko, juga sudah dikembalikan kepada SPBU.

"Uang yang diambil tersebut telah dikembalikan dan permasalahan ini selesai," kata dia.

Di sisi lain, operator SPBU yang kejang dan jatuh sudah dijemput oleh pihak keluarga.

"Dan lanjut istirahat untuk pemulihan," imbuh Eko.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/02/01/133000465/viral-video-konsumen-ambil-uang-saat-tolong-petugas-spbu-yang-kejang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke