Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Negara yang Memperketat Kedatangan Turis dari China, Mana Saja?

KOMPAS.com - Lonjakan kasus Covid-19 di China membuat banyak negara siaga.

Pekan lalu, hampir setengah dari 212 penumpang yang tiba di bandara Milan, Italia dari China dinyatakan Covid-19.

Beberapa negara telah memberlakukan pengetatan perjalanan bagi turis dari China untuk mencegah kasus Covid-19 impor.

Berikut deretan negara yang memperketat kedatangan turis dari China ke negaranya.

1. Jepang

Dikutip dari CNN, Jepang meminta semua pelancong yang pernah ke China atau telah melakukan perjalanan ke sana dalam waktu tujuh hari akan diuji pada saat kedatangan mulai Jumat (30/12/2022).

Selain itu, pemerintah Jepang juga membatasi jumlah penerbangan dari dan ke China.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menuturkan, pembatasan ini merujuk pada minimnya data resmi pemerintah China.

"Sementara ada informasi bahwa infeksi menyebar dengan cepat di China daratan, kekhawatiran telah berkembang di Jepang karena sulit untuk memahami situasi secara detail," kata dia.

2. India

Otoritas India menerapkan pedoman serupa pada pelancong tidak hanya dari China, tetapi juga beberapa negara terdekat termasuk Jepang, Korea Selatan, dan Thailand mulai 1 Januari 2023.

Kebijakan ini bertujuan untuk memastikan bahwa Covid tidak menyebar dengan cepat seperti yang terjadi di China.

3. Taiwan

Taiwan juga mengumumkan tes wajib pada saat kedatangan bagi para pelancong yang datang dari China pada Rabu (28/12/2022).

Mereka telah melarang turis China sejak pandemi dan hanya mengizinkan warga negara China untuk berkunjung karena alasan bisnis atau keluarga.

Sementara itu, Amerika Serikat mulai Kamis (5/1/2023) akan mewajibkan semua pelancong dari China untuk menunjukkan tes Covid-19 negatif sebelum terbang ke negara itu.

Penumpang yang terbang ke AS dari China juga perlu menjalani tes tidak lebih dari dua hari sebelum terbang.

Tes tersebut dapat berupa tes PCR atau tes mandiri antigen yang diberikan melalui layanan telehealth.

Persyaratan akan berlaku baik untuk penumpang yang terbang langsung ke Amerika Serikat dari Tiongkok , termasuk Hong Kong dan Macau.

5. Italia

Italia menjadi negara Eropa pertama yang mewajibkan kembali tes Covid-19 untuk pelancong dari China, dikutip dari Times.

6. Spanyol

Spanyol saat ini mewajibkan tes negatif untuk Covid-19 atau bukti vaksinasi lengkap untuk pengunjung yang datang dari China.

7. Perancis

Mulai 5 Januari, pemerintah Perancis mengumumkan akan mewajibkan pelancong dari China untuk menunjukkan tes Covid-19 negatif tidak kurang dari 48 jam sebelum keberangkatan.

Penumpang juga akan diminta untuk memakai masker dalam penerbangan dan menjalani tes acak pada saat kedatangan.

Sama seperti Perancis, Inggris juga akan meminta turis dari China untuk menunjukkan hasil tes Covid-19 negatif ang dilakukan tidak lebih dari dua hari sebelum keberangkatan.

Selain itu, sampel penumpang juga akan diuji pada saat kedatangan.

9. Australia

Mulai 5 Januari, orang yang bepergian dari China, Hong Kong, dan Makau ke Australia akan diminta untuk menunjukkan tes Covid-19 negatif yang dilakukan dalam waktu 48 jam sebelum perjalanan.

Menteri Kesehatan Australia Mark Butler mengatakan, ini merupakan tindakan sementara yang mencerminkan kurangnya informasi komprehensif saat ini tentang situasi di China.

10. Kanada

Mulai 5 Januari, semua pelancong udara di atas usia dua tahun yang tiba dari China, Hong Kong, dan Macau akan diminta untuk memberikan tes negatif Covid-19 tak lebih dari dua hari.

Langkah-langkah tersebut akan dinilai kembali setelah 30 hari.

11. Korea Selatan

Mulai 5 Januari, pelancong dari China akan diminta untuk menjalani tes Covid-19 sebelum dan setelah tiba di negara itu mulai 30 Desember 2022.

Korea Selatan juga mengatakan akan membatasi penerbitan visa jangka pendek untuk warga negara China hingga akhir bulan dan untuk sementara menghentikan peningkatan penerbangan antara negara tetangga.

Pada 30 Desember, pemerintah Malaysia mengumumkan akan mulai menyaring semua pelancong yang masuk dari China dan negara lain yang terdeteksi demam untuk menjalani tes Covid-19.

Pemerintah mengatakan akan menguji air limbah pada pesawat yang tiba dari China dalam upaya mendeteksi varian baru.

13. Israel

Israel mengumumkan pada 30 Desember bahwa semua pelancong non-Israel yang datang dari China akan menjalani tes PCR sebelum penerbangan yang dilakukan dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan.

14. Qatar

Mulai 3 Januari, semua pelancong dari China harus menyerahkan tes Covid-19 negatif dalam waktu 48 jam setelah keberangkatan, terlepas dari status vaksinasi mereka.

15. Maroko

Mulai 3 Januari, semua pelancong dari China tanpa memandang kewarganegaraan akan dilarang memasuki Maroko.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/01/04/202600765/15-negara-yang-memperketat-kedatangan-turis-dari-china-mana-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke