Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kebiasaan Terbaik yang Bisa Mengecilkan Lemak Perut, Apa Saja?

KOMPAS.com - Lemak di perut atau visceral banyak dikaitkan dengan risiko kesehatan serius, seperti gangguan jantung dan diabetes.

Mengonsumsi makanan bergizi dan menjalani gaya hidup aktif sangat penting dalam penurunan berat badan yang sehat dan memangkas lemak perut berlebih.

Berikut sederat kebiasaan terbaik yang dapat membantu mengecilkan perut dan menjaga berat badan, dikutip dari Eat This:

1. Batasi makanan padat kalori dan minuman manis

Menyantap makan dan minuman manis mungkin terasa enak, tetapi hal itu bertentangan dengan kesehatan.

Sebuah studi dari School of Public Health menekankan pentingnya menjauhi makanan manis. Ini terkait dengan timbunan lemak yang lebih besar di perut dan di sekitar jantung.

Perlu diingat bahwa penurunan dan pengelolaan berat badan melibatkan keseimbangan kalori yang dikonsumsi dan terbakar.

Menurut Harvard Health Publishing, ini adalah bagian penting dari perjalanan penurunan berat badan.

Penelitian telah menemukan bahwa untuk benar-benar menurunkan berat badan dan mempertahankannya, Anda harus fokus pada menghabiskan lebih banyak energi daripada yang dikonsumsi.

2. Perbanyak makan buah dan sayuran

Untuk memastikan Anda sudah mendapatkan cukup buah dan sayuran dalam diet, penting untuk berbagai aspek kesehatan.

Misalnya, serat makanan dalam buah dan sayuran segar dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat, mengurangi kemungkinan terkena diabetes dan penyakit jantung, serta mencegah sembelit.

Dalam sebuah tinjauan, terungkap bahwa ada hubungan positif antara peningkatan asupan sayuran dan penurunan risiko kenaikan berat badan atau obesitas.

Karananya, ini merupakan saat tepat untuk meningkatkan konsumsi buah dan sayuran Anda secepatnya.

Sebuah penelitian menegaskan, beberapa strategi penurunan berat badan dan manajemen yang paling efektif terkait dengan pola pikir Anda.

Misalnya, hal-hal seperti pengaturan diri, moderasi diri, dan kemanjuran diri memiliki nilai tinggi dalam perjalanan penurunan berat badan.

Sementara hal-hal seperti makan sehat dan olahraga jelas berperan dalam penurunan berat badan dan menjaga berat badan, fokus pada tujuan Anda menjadi sangat penting untuk pengalaman jangka panjang yang berkelanjutan.

4. Bangga pada diri sendiri

Proses penurunan berat badan atau diet sering kali dapat menimbulkan rasa malu atau bersalah, terutama dengan pantangan yang berat.

Karena diet ini seringkali tidak berkelanjutan, Anda mungkin merasa bersalah atau malu jika melanggarnya atau menambah berat badan kembali.

Berusaha mengubah pola pikir Anda untuk menunjukkan lebih banyak kebaikan kepada diri sendiri dan merasa bangga dengan apa yang telah dicapai adalah kunci penurunan berat badan yang sehat.

5. Nyaman dengan ketidaknyamanan

Menurut para ahli, konsep merasa nyaman dengan perasaan tidaknyamanan dapat membantu dalam proses manajemen berat badan.

Merasa lapar, mengubah perilaku makan karena stres, dan terkadang menolak mengidam makanan tertentu adalah semua perilaku yang dapat membantu mengarah pada pengelolaan berat badan yang berkelanjutan dengan sehat.

Meskipun keluar dari zona nyaman dan mengadopsi kebiasaan baru dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda, sangat penting untuk selalu mendengarkan tubuh dan lebih memahami batasan diri sendiri.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/12/04/060500065/5-kebiasaan-terbaik-yang-bisa-mengecilkan-lemak-perut-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke