Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lain Bahasa Lain Kokok Ayam Jago

Ternyata di dalam bahasa Indonesia, meski ayam jago disebut berkokok, tetapi suara berkokok bukan "kokokokok" namun "kukuruyuk".

Sementara bahasa Jawa juga “kukuruyuk”. Namun bahasa Sunda beda dalam menyuarakannya sebagai “kongkorongok”.

Pada sayembara menirukan suara jago berkokok yang diselenggarakan Jamu Jago, lazimnya para peserta menggunakan lafal onomatopeiais “kukuruyuk”.

Yang tidak menggunakan suara “kukuruyuk" langsung didiskualifikasi oleh dewan juri.

Dalam bahasa Inggris suara ayam jago berkokok cukup puitis yaitu “cock-a-doodle-do”, sementara kokok ayam jago Italia ditulis sebagai “chichirichi” dan ayam jago Spanyol berkokok “kikiriki” seolah ayam jago Italia dan Spanyol memang lebih suka lafal i ketimbang o.

Lain halnya ayam jago Perancis yang di komik Asterix selalu nyaring berkokok “cocorico” malah terkesan meksikanis.

Sebenarnya peribahasa lain padang lain belalang bisa diganti dengan lain bahasa lain kokok ayam jago sebab dalam bahasa Belanda kokok ayam jago: kukeleku, Denmark: kykyliky, Finlandia: kukko klekuu, Jerman: kikeriki, Yunani: kikiriku, Ibrani: cookoorikoo, Hungaria: kukuriku.

Menarik bahwa bahasa-bahasa Eropa mirip bahasa Indonesia dalam hal sama-sama menggunakan lafal k sebagai suara ayam jago.

Sayang saya tidak tahu bagaimana suara ayam jago Rusia berkokok sehingga saya juga tidak tahu apakah ada kemiripinan kokok ayam jago Ukraina dengan Rusia. Pastinya Zalenski dan
Putin lebih tahu.

Kokok ayam jago jarang terdengar di Tokyo tetapi di pedesaan Okinawa masih kerap terdengar suara ayam jago Jepang berkokok “kok-e-kok-ko” yang dalam bahasa Korea tertulis sebagai “ko-ki-oh”.

Lain halnya dengan ayam jago Vietnam berkokok: O O O atau ayam jago Thailand: ek-i-ek-ek mau pun ayam jago Iran: ququ li qu, sementara ayam jago Skotlandia: gog-a-ghuide-ghaoidhe.

Mungkin kromosom ayam jago China mengandung DNA anjing Indonesia sebab kokok mereka dalam bahasa China mirip salak anjing Indonesia “guk guk”, yaitu “gu gu gu” .

Ketika saya sedang berada di kawasan utara Alaska silakan percaya atau tidak, saya nyaris tidak percaya telinga saya sebab mendengar suara ayam jago Alaska berkokok mirip ayam jago Indonesia yaitu “kukuruyuk” sambil tidak lupa senantiasa mengakhiri kokokan dengan pekik “MERDEKA!”.

Tampaknya akibat terpengaruh halusinasi akibat wishfull-thinking maka sebagai seorang insan warga Indonesia memang saya selalu cenderung mendengar apa yang saya ingin dengar.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/09/20/053000265/lain-bahasa-lain-kokok-ayam-jago

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke