Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ramai soal Unggahan Peserta Lolos SBMPTN 2022 tapi Tetap Ikut Seleksi Mandiri, Ini Respons LTMPT

Dalam twit tersebut, pengunggah menyebutkan bahwa ada peserta yang dinyatakan lolos SBMPTN 2022 namun memutuskan untuk tetap mendaftar seleksi mandiri dengan nilai UTBK SBMPTN 2022.

"Sender & temen sender keterima di top 3 tapi temen sender mau daftar mandiri yang banyak pake skor utbk," tulis akun ini.

"Pas sender tanya alasannya, katanya biar keren aja padahal dia bilang tetap ambil yang sbm," imbuhnya.

Tindakan tersebut disayangkan oleh warganet di media sosial Twitter. Pasalnya, apabila dinyatakan lolos jalur mandiri dan lolos SBMTPN 2022, hal itu dapat menyia-nyiakan 1 kursi yang sebenarnya bisa digunakan oleh peserta lainnya.

"Kan ujung-ujungnya dia cuma ambil 1, apa tidak sia-sia kursi nya? Harusnya ptn mandiri nyeleksi yang udh lolos sbm buat dipertimbangin lagi gak sih?" terang penunggah.

"Skor dia tinggi banget, peluang lolos dia pasti juga tinggi. Kasian yang belum lolos nangis kejer tapi harus kegeser," tambah akun tersebut.

Sebelumnya, hasil SBMPTN 2022 telah diumumkan pekan lalu, tepatnya pada Kamis (23/6/2022) pukul 15.00 WIB.

Peserta yang dinyatakan tidak lolos SBMPTN 2022, masih diberi kesempatan untuk mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan mengikuti seleksi jalur mandiri.

Seleksi mandiri ini akan dibuka oleh masing-masing PTN usai pengumuman SBMPTN dilaksanakan.

Tanggapan LTMPT

Direktur Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo Widyobroto memberikan tanggapan terkait tindakan tersebut.

Budi mengatakan, pihaknya menyarankan agar peserta lolos SBMPTN 2022 tidak perlu mengikuti seleksi mandiri PTN.

"Sebetulnya kami berharap yang sudah diterima SBMPTN tidak daftar di jalur mandiri," kata Budi, saat dihubungi oleh Kompas.com, Senin (27/6/2022).

"(Hal itu) karena sudah menghilangkan hak peserta lain yang bersaing dan tidak diterima," imbuhnya.

Kendati demikian, Budi mengatakan pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk mengatur proses seleksi mandiri tersebut. Sebab, seluruh proses seleksi mandiri ditetapkan oleh masing-masing PTN.

"Kalau jalur mandiri kewenangan di masing-masing PTN dan tidak ada koordinasi, sehingga peserta bisa daftar di beberapa PTN dan mungkin bisa diterima di beberapa PTN juga," jelas Budi.

Respons PTN Indonesia

Beberapa PTN di Indonesia memang membuka jalur seleksi mandiri menggunakan nilai UTBK SBMPTN 2022 yang sudah bisa dilihat sejak Sabtu (25/6/2022) lalu.

Pendaftaran melalui seleksi mandiri menggunakan nilai UTBK ini tidak mengharuskan pendaftar mengikuti ujian tertulis lagi. Hal tersebut lantaran penilaian didasarkan oleh nilai UTBK saja.

Kepala Kantor Humas Universitas Padjajaran (Unpad) Dandi Supriadi mengatakan, Unpad juga membuka jalur seleksi mandiri menggunakan nilai UTBK SBMPTN 2022.

Secara sistem, Dandi menegaskan, siapa saja baik mereka yang lolos SBMPTN 2022 ataupun bukan, boleh mendaftar di seleksi mandiri Unpad.

"Secara sistem sih bisa saja daftar, walaupun ada konsekuensi biaya yang lebih tinggi apabila lulus melalui jalur mandiri," terangnya, saat dihubungi oleh Kompas.com (27/6/2022).

Hal itu juga dibenarkan oleh Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita.

Prof. Arief mengungkapkan, peserta yang sudah lolos SBMPTN 2022 dapat mendaftar ke jalur mandiri Unpad.

"Tidak ada kebijakan atau pertimbangan khusus dari Unpad, selain kebijakan tentang SBMPTN dari LTMPT," tuturnya melalui keterangan yang disampaikan Kepala Kantor Humas Unpad, Dandi.

Kendati demikian, Dandi mengatakan agar peserta yang lolos SBMPTN 2022 dan ingin ikut jalur seleksi mandiri kembali mempertimbangkan keputusannya.

"Kelulusan di SBMPTN sebenarnya sesuatu yang harus disyukuri dan dimanfaatkan, mengingat persaingan yang sangat ketat untuk masuk Unpad lewat seleksi nasional," ujarnya.

"Jadi perlu dipikirkan bahwa di luar sana banyak yang tidak berhasil masuk Unpad karena kursinya sudah terambil. Maka apabila kesempatan tersebut (lolos SBMPTN) tidak diambil, sangat disayangkan," imbuh Dandi.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/06/27/160000165/ramai-soal-unggahan-peserta-lolos-sbmptn-2022-tapi-tetap-ikut-seleksi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke