Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Biaya Pasien Covid-19 Mahal, BPJS Kesehatan Imbau Warga Daftar Peserta Sebelum Endemi

Hal itu memunculkan optimisme bahwa status Covid-19 akan berubah dari pandemi menjadi penyakit endemi.

Namun saat Covid-19 menjadi endemi, biaya perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit tidak lagi ditanggung negara atau Pemerintah, tetapi menjadi tanggung jawab pribadi pasien.

Segera jadi peserta BPJS Kesehatan

Terkait kondisi tersebut, Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Ali Ghifron Mukti mengimbau masyarakat segera menjadi peserta BPJS Kesehatan sebelum Covid-19 menjadi endemi.

Ali menjelaskan, saat Covid-19 menjadi endemi di Indonesia, BPJS Kesehatan hanya akan menanggung biaya perawatan untuk pesertanya saja.

Padahal menurut Ghufron biaya perawatan untuk Covid-19 bisa mencapai puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah.

“Nanti kalau tiba-tiba endemi, lalu tidak ditanggung lagi, yang bukan peserta BPJS kan harus bayar sendiri kalau kena Covid-19,” kata dia dalam Bussiness Talk Kompas TV, Selasa malam (24/5/2022).

"Kalau mau ditanggung BPJS ya jadi peserta..."

Ali Ghufron menegaskan, pembiayaan yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan berasal dari dana para peserta.

Sehingga jika masyarakat ingin agar perawatannya ditanggung oleh BPJS Kesehatan, mereka harus menjadi peserta.

“Jadi kalau mau ditanggung sama BPJS ya jadi peserta. Kami pengelola ini kan yang diberikan sebuah tanggung jawab, amanah, untuk mengelola dana peserta. Kalau dia bukan peserta bagaimana?,” kata dia.

“Sehingga konsep gotong royong itu bisa berjalan dengan baik, maka kami imbau kepada masyarakat, dan sesuai dengan undang-undang, secara eksplisit kepesertaan BPJS itu wajib,” tuturnya.

Ali juga menuturkan, BPJS Kesehatan akan bekerja sebaik-baiknya untuk menyiapkan diri menghadapi endemi.

Bahkan, pihaknya telah membuat skenario pandemi ke endemi, serta langkah-langkah strategis yang harus dilakukan, sehingga masyarakat, BPJS, dan pemangku kepentingan siap.

“BPJS Kesehatan sudah menyiapkan diri. Jadi kami sudah membuat hitungan-hitungan, skenario-skenario, termasuk persiapan-persiapan yang harus dilakukan,” jelas dia.

 

https://www.kompas.com/tren/read/2022/05/28/073000265/biaya-pasien-covid-19-mahal-bpjs-kesehatan-imbau-warga-daftar-peserta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke