Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Untuk Menghadapi Omicron, Hindari Emosi yang Bisa Menurunkan Sistem Imun

Kaitan antara emosi dan sistem imun ini sudah diteliti oleh para ilmuwan. Melansir dari Medical News Today,  paparan kronis dari stres, anxiety dan mood negatif sangat bisa mempengaruhi kesehatan fisik.

Selain itu, ilmuwan juga menyatakan bahwa stres yang berlarut-larut juga bisa menurunkan kinerja otak, menurunkan daya ingat.

Penelitian yang dilakukan oleh Pennsylvania State University menyatakan bahwa mood atau emosi negatif sangat bisa melemahkan sistem imun, menurunkan kinerja sistem imun dalam melawan berbagai infeksi virus.

Penelitian yang dipimpin oleh Jennifer Graham Engeland, assosiate profesor di Pennsylvania State University ini sudah diterbitkan di jurnal Brain, Behavior, and Immunity.

Stres meningkatkan risiko inflamasi

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Graham Engeland tersebut, para ilmuwan mengumpukan data dari para partisipan. Mengamati emosi mereka, mencatat level stres yang ada, dan kondisi mental secara keseluruhan.

Inflamasi sendiri adalah reaksi kekebalan alami yang dimiliki tubuh untuk melawan berbagai serangan penyakit atau mikroorganisme yang bersifat jahat.

Tingkat inflamasi yang tinggi, sangat terkait dengan kualitas kesehatan tubuh yang buruk dan kondisi kronis seperti arthritis.

Nah dalam penelitian tersebut, Engeland menemukan bahwa partisipan yang sering mengalami mood negatif, memiliki tingkat inflamasi yang tinggi di dalam darah mereka.

Ketika pengamatan darah dilakukan selepas seorang partisipan mengalami emosi buruk seperti sedih dan kecewa, ilmuwan menemukan bahwa level inflamasi dalam darah partisipan tersebut langsung naik dengan pesat.

Emosi-emosi yang bisa melemahkan sistem imun

Mengutip dari New Scientist, Richard Davidson dari Universitas Wisconsin Amerika Serikat menyatakan bahwa emosi memegang peranan penting dalam meregulasi sistem tubuh yang mengatur kesehatan sistem metabolisme secara keseluruhan.

Lantas emosi apa saja yang bisa melemahkan sistem imun ini?

Emosi yang bisa melemahkan sistem imun adalah emosi-emosi yang dikategorikan sebagai emosi negatif. 

Melansir dari Psyblog, emosi negatif seperti sedih dan marah adalah emosi yang sangat bisa meningkatkan inflamasi dan menurunkan sistem imun.

Orang yang lebih tenang dan ceria dalam menghadapi hidup, terbukti memiliki tingkat inflamasi lebih rendah dan lebih stabil.

Selain sedih dan marah, adu argumen sengit yang sering dilakukan dengan teman kantor atau anggota keluarga juga bisa menaikkan inflamasi. Begitu pula kekhawatiran berlebihan mengenai kondisi keuangan atau kondisi kesehatan.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/01/30/093000165/untuk-menghadapi-omicron-hindari-emosi-yang-bisa-menurunkan-sistem-imun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke