Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kesalahan Umum Saat Membuat Teh, Apa Saja?

KOMPAS.com - Meminum secangkir teh ditemani dengan roti atau makanan ringan merupakan perpaduan yang pas di kala pagi atau sore hari.

Selain menghangatkan, teh juga dapat memberi dorongan energi ekstra dan penuh dengan manfaat bagi tubuh.

Di antara sederet manfaat teh adalah mendukung metabolisme yang sehat, mengurangi peradangan, dan meningkatkan penurunan berat badan.

Sayangnya, banyak orang melakukan kesalahan umum saat membuat teh, yaitu menggunakan air terlalu panas.

Salah satu pendiri dan CEO Firebelly Tea, David Segal menjelaskan mengapa Anda sebaiknya tidak menggunakan air telalu panas saat menyeduh teh.

Melansir Eat This, teh yang dibuat dengan air yang terlalu panas, dapat membuat senyawa rapuh dalam daun teh terasa pahit dan kurang manis.

"Selain memberikan rasa, proses seduhan teh akan mengekstrak tanin dari daun teh. Tanin dalah polifenol pemasok antioksidan bermanfaat yang biasanya terkait dengan teh," kata Segal.

"Tetapi jika terlalu banyak diekstraksi, mereka juga dikaitkan dengan sisa rasa astringen yang banyak dianggap pahit," sambungnya.

Namun, rasa bukan satu-satunya hal yang bisa salah saat menggunakan air telalu panas.

Sebuah studi menunjukkan, air panas juga dapat menghancurkan senyawa halus yang meningkatkan manfaat kesehatan dalam teh seperti katekin.

Untuk secangkir teh yang sempurna, ukuran suhu air tergantung pada jenis teh yang digunakan.

Anda bisa menggunakan air bersuhu 90 derajat celsius untuk teh hitam, 85 derajat celsius untuk teh oolong, dan 70-75 derajat celsius untuk teh hijau.

"Teh hijau menggunakan air yang lebih dingin karena daunnya lebih lembut. Karena daun teh hijau tidak dibakar seperti teh hitam, akibatnya tanin diekstraksi lebih cepat dan lebih mudah," kata Segal.

Jika tak memiliki pengukur ushu, ada beberapa isyarat visual lain yang harus dicari untuk mendapatkan suhu yang tepat.

"Tak masalah untuk merebus air sampai mendidih, hanya saja jangan menggunakannya saat baru saja direbus. Setelah air mendidih dengan baik, lanjutkan dan buka tutup ketel Anda," jelas dia.

"Jika Anda menggunakan panci, tidak perlu ditutup. Cukup keluarkan dari kompor dan biarkan agak dingin. Yang Anda cari adalah uapnya mengendap," tambahnya.

Anda harus menunggu sampai tidak ada lagi uap tipis yang keluar dari permukaan air, tetapi masih cukup panas.

Suhu bukan satu-satunya faktor yang memengaruhi rasa teh Anda, durasi waktu seduhan juga penting.

Waktu seduhan teh hitam dan oolong 3-5 menit, teh herbal 4-6 menit, dan teh hijau 2-3 menit.

Menurut Segal, memperpanjang waktu seduhan bukanlah jalan untuk mencari banyak rasa.

"Mungkin merupakan pemikiran alami untuk ingin menyeduh lebih lama untuk lebih banyak rasa, tetapi itu sebenarnya berlawanan," ujarnya.

"Daripada menyeduh untuk waktu yang lebih lama, Anda lebih baik menambahkan lebih banyak daun teh untuk memperkuat rasa," sambungnya.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/01/28/060500965/kesalahan-umum-saat-membuat-teh-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke