Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Manfaat Nanas, dari Mengurangi Risiko Kanker dan Peradangan

Buah populer ini mengandung nutrisi, antioksidan, dan senyawa bermanfaat lainnya, seperti enzim yang dapat melawan peradangan dan penyakit.

Berikut 8 manfaat buah nanas yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Sarat akan nutrisi

Melansir Healthline, nanas termasuk buah rendah kalori, tetapi memiliki profil nutrisi yang mengesankan.

Satu cangkir (165 gram) potongan nanas mengandung zat-zat berikut:

  • Kalori (82,5), lemak (1,7 gram),
  • Protein (1 gram),
  • Karbohidrat (21,6 gram),
  • Serat (2,3 gram),
  • Vitamin C (131 persen),
  • Vitamin B6 (9 persen),
  • Folat (7 persen),
  • Kalium (5 persen),
  • Magnesium (5 persen),
  • Niasin (4 persen),
  • Asam pantotenat (4 persen),
  • Besi (3 persen),
  • Mangan (76 persen),
  • Riboflavin (3 persen).

Vitamin C sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, sistem kekebalan tubuh yang sehat dan membantu penyerapan zat besi dari makanan.

Sementara itu, mangan adalah mineral alami yang membantu pertumbuhan, menjaga metabolisme yang sehat dan memiliki sifat antioksidan.

2. Mengandung antioksidan penangkal penyakit

Nanas tidak hanya kaya nutrisi, tetapi juga mengandung antioksidan yang sehat. Antioksidan adalah molekul yang membantu tubuh Anda memerangi stres oksidatif.

Stres oksidatif adalah keadaan di mana ada terlalu banyak radikal bebas di dalam tubuh.

Radikal bebas ini berinteraksi dengan sel-sel tubuh dan menyebabkan kerusakan yang terkait dengan peradangan kronis, sistem kekebalan yang melemah dan banyak penyakit berbahaya.


3. Memudahkan pencernaan

Nanas mengandung sekelompok enzim pencernaan yang dikenal sebagai bromelain.

Mereka berfungsi sebagai protease, yang memecah molekul protein menjadi blok bangunan mereka, seperti asam amino dan peptida kecil.

Setelah molekul protein dipecah, mereka lebih mudah diserap di usus kecil. Ini bisa sangat membantu bagi orang dengan insufisiensi pankreas, suatu kondisi di mana pankreas tidak dapat membuat cukup enzim pencernaan.

4. Mengurangi risiko kanker

Kanker adalah penyakit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa nanas dan senyawanya dapat mengurangi risiko kanker. Ini karena mereka dapat meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan.

Salah satu senyawa tersebut adalah kelompok enzim pencernaan yang disebut bromelain. Studi menunjukkan, bromelain juga dapat membantu melawan kanker.

5. Meningkatkan kekebalan dan menekan peradangan

Nanas telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional selama berabad-abad.

Mereka mengandung berbagai macam vitamin, mineral dan enzim seperti bromelain yang secara kolektif dapat meningkatkan kekebalan dan menekan peradangan.

Satu studi sembilan minggu memberi makan 98 anak sehat tanpa nanas, beberapa nanas (140 gram), atau banyak nanas (280 gram) setiap hari untuk melihat apakah itu meningkatkan kekebalan mereka.

Anak-anak yang makan nanas memiliki risiko infeksi virus dan bakteri yang jauh lebih rendah. Selain itu, anak-anak yang makan nanas paling banyak memiliki hampir empat kali lebih banyak sel darah putih (granulosit) yang melawan penyakit daripada dua kelompok lainnya.


6. Mempercepat pemulihan setelah pembedahan

Makan nanas dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pulih dari operasi atau olahraga. Ini sebagian besar disebabkan oleh sifat anti-inflamasi bromelain.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bromelain dapat mengurangi peradangan, pembengkakan, memar dan nyeri yang sering terjadi setelah operasi.

7. Menurunkan berat badan

Melansir Everday Health, Tidak ada banyak bukti untuk mendukung klaim itu. Namun, sebuah penelitiaan pada hewan menunjukkan bahwa jus nanas dapat membantu mengurangi pembentukan lemak dan meningkatkan pemecahan lemak.

Bahkan jika itu tidak memiliki efek signifikan pada metabolisme, nanas merupakan pilihan makanan ringan yang baik, karena rendah kalori dan kaya akan vitaman serta mineral penting.

8. Meningkatkan kesehatan tulang

Nanas adalah salah satu sumber makanan mineral teratas, menurut Oregon State University.

Kandungan mangan di dalamnya dapat membantu mencegah osteoporosis serta meningkatkan kepadatan tulang dan mineral secara keseluruhan.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak berlebihan. Sebab, asupan mangan bisa berbahaya dan dapat meningkatkan gangguan kognitif jika Anda mengonsumsi lebih dari 11 miligram per hari.

Meski demikian, akan sulit untuk mencapai level itu karena satu cangkir nanas mengandung kurang dari 1 miligram mangan.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/01/25/100000765/8-manfaat-nanas-dari-mengurangi-risiko-kanker-dan-peradangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke