Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hati-hati, Waktu Makan yang Salah Bisa Menaikkan Tekanan Darah

Baik itu jenis asupan yang ada, porsi asupan, hingga waktu di mana Anda mengonsumsi asupan tersebut.

Makanan memang sangat bisa mempengaruhi kondisi tubuh. Baik mempengaruhi tekanan darah, kadar glukosa dalam darah, maupun kadar kolesterol.

Jadi agar makanan tak mempengaruhi tekanan darah secara berlebihan, batasi asupan makanan yang bisa meningkatkan tekanan darah, dan konsumsilah makanan sesuai waktu yang tepat.

Waktu makan yang bisa meningkatkan tekanan darah

Menurut American Heart Association, ada waktu atau jam makan tertentu yang bisa berpotensi meningkatkan tekanan darah. 

Jadi untuk penderita hipertensi, sebaiknya pilihlah waktu yang tepat ketika akan mengonsumsi makanan besar atau kudapan.

Seperti yang diberitakan di  The Epoch Times, peneliti dan ilmuwan dari American Heart Association menyatakan bahwa mengonsumsi terlalu banyak kalori selepas pukul 6 sore sangat berisiko.

Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak kalori selepas pukul 6 petang bisa pula meningkatkan glukosa dalam darah.

Yang bisa menyebabkan semua risiko ini terjadi bukan jenis makanan yang ada, namun ritme harian tubuh atau ritme sirkadian milik tubuh.

Ketika hari menjelang malam, ritme sirkadian sudah mulai memasuki fase istirahat, sehingga seluruh organ, sel, dan piranti saluran cerna akan mulai menurun kinerjanya.

Seluruh bagian tubuh akan masuk ke dalam mood bersiap untuk istirahat, sehingga jadi tak terlalu bersemangat seperti di waktu siang.

Jadi ketika ritme tubuh sudah memasuki fase istirahat dan Anda mengonsumsi kalori terlalu banyak, hal ini akan memicu peradangan, kenaikan tekanan darah, kenaikan level gula darah juga kolesterol.

Jika Anda makan besar di waktu malam hanya di momen-momen tertentu saja, hal itu tak akan terlalu membahayakan tubuh. Makan besar di waktu malam baru akan membahayakan tekanan darah jika dilakukan rutin hampir setiap hari.

Jadi agar tekanan darah selalu dalam batas normal, ubahlah pola makan Anda. Makanlah besar di waktu sarapan dan makan siang saja. Hindari makan besar selepas pukul 6 petang.

Di waktu malam ambillah porsi kecil dengan menu-menu yang mudah dicerna usus di waktu malam. Menu yang mudah dicerna usus ini seperti telur, sayuran, dan buah-buahan.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/01/03/130000965/hati-hati-waktu-makan-yang-salah-bisa-menaikkan-tekanan-darah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke