Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Meredakan Anxiety dengan Aroma Bakaran Daun Salam, Begini Caranya

Selain obat-obatan kimia, ada pula terapi pengobatan menggunakan bahan-bahan herbal yang relatif lebih murah dan aman untuk tubuh.

Salah satu bahan herbal yang bisa digunakan untuk meredakan anxiety adalah daun salam. 

Selain digunakan dalam ruang kuliner, daun salam memang sudah digunakan dalam pengobatan herbal sejak lama.

Penggunaan daun salam untuk pengobatan herbal bisa dengan berbagai macam cara. Bisa diseduh untuk digunakan airnya, diekstraksi untuk diambil minyak esensialnya, atau juga dibakar untuk dihirup asap bakarannya.

Berbagai macam khasiat daun salam

Mengutip dari Healthsite, daun salam mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi, potasium, kalsium, dan magnesium.

Bumbu herbal ini juga mengandung enzim yang bisa merombak protein dan melancarkan saluran cerna. 

Selain itu, daun salam juga bisa digunakan meningkatkan kerja insulin sehingga bisa mengontrol gula darah, meredakan migrain, meredakan nyeri sendi, juga mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

Melansir dari Healthline, jika digunakan untuk meredakan anxiety, daun salam lebih baik dibakar dan dihirup aroma bakarannya. Penggunaannya persis seperti terapi menggunakan bakaran daun sage.

Aroma bakaran daun salam mengandung linalool, komponen yang juga ditemukan dalam tanaman mint dan lavender, dua jenis tanaman yang sudah ternama bisa meredakan anxiety.

Dalam teknik aromaterapi seperti ini, menghirup aroma tertentu bisa memberikan sinyal ke area otak yang bertugas mengendalikan emosi kita.

Cara mengobati anxiety dengan aroma bakaran daun salam

Ketika kita membakar daun salam dan menempatkannya di dalam ruangan, maka aroma bakaran daun salam akan menguar ke seluruh ruangan.

Selain membersihkan udara dari polutan, aroma daun salam juga bisa meningkatkan mood.

Selain linalool, daun salam juga memiliki eugenol dan myrcene. Dua komponen di dalam daun salam ini adalah antibakteri dan antioksidan yang bisa menenangkan saraf-saraf di dalam otak.

Letakkan daun salam yang sudah kering di mangkuk yang tahan panas, kemudian bakarlah, biarkan asapnya menguar memenuhi ruangan yang tertutup.

Jangan menghirup asapnya langsung dengan cara mendekatkan hidung di bakaran daun salam, karena hal ini bisa memicu gangguan pada saluran pernapasan.

Meski takaran linalool milik daun salam jauh di bawah lavender, namun beberapa penelitian mengatakan bahwa komponen di dalam daun salam ini cukup efektif menenangkan otak dan saraf kita.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/12/31/113000465/meredakan-anxiety-dengan-aroma-bakaran-daun-salam-begini-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke