Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2 Cara Cek Lolos Tidaknya Prakerja Gelombang 21

KOMPAS.com- Head of Communication Manajemen Pelaksana Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 21 sudah ditutup sejak Minggu (19/8/2021) pukul 23.59 WIB.

Saat ini pihaknya masih melakukan proses verifikasi, salah satunya mengenai Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Terkait waktu pengumuman lolos tidaknya pendaftar Kartu Prakerja Gelombang 21, pihaknya belum bisa memastikan.

"Kami masih dalam proses verifikasi NIK dan lain-lain. Nanti saya kabari jadwal pengumumannya," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (22/9/2021) pagi.

Cara cek lolos tidaknya Kartu Prakerja Gelombang 21

Cara cek lolos tidaknya Kartu Prakerja gelombang 21 sangatlah mudah. Ada dua cara untuk mengetahuinya. Apa saja

1. SMS

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek kelolosan Prakerja gelombang 21 adalah lewat SMS.

Manajemen pelaksana Prakerja akan mengirimkan notifikasi melalui SMS kepada peserta yang dinyatakan lolos.

SMS akan dikirimkan ke nomor telepon yang didaftarkan saat membuat akun. Pastikan nomor yang dimasukkan ketika mendaftar telah benar dan masih aktif.

Kemudian, SMS dikirimkan saat tanggal pengumuman seleksi masing-masing gelombang.

Jika pendaftar mendapatkan pemberitahuan lolos, maka dapat mengikuti langkah selanjutnya sesuai petunjuk yang diberikan

Akan tetapi, jika belum berhasil lolos, kamu tidak perlu patah semangat. Kamu bisa mendaftar pada gelombang selanjutnya.

"Kamu tidak perlu memasukkan semua data lagi untuk pendaftaran ulang. Jangan berkecil hati, kamu masih bisa memilih Gelombang berikutnya," tulis Prakerja.

Cara berikutnya untuk mengecek lolos atau tidaknya jadi peserta Prakerja gelombang 21, dapat secara berkala mengecek dashboard pada laman Prakerja dengan login menggunakan akun masing-masing.

Apabila dinyatakan lolos, nomor Kartu Prakerja akan tertera dan muncul status saldo pada dashboard akun.

Sedangkan jika dinyatakan tidak lolos, akan mendapatkan notifikasi pada dashboard dengan keterangan "Kamu Belum Berhasil".

Kamu wajib menonton keseluruhan tiga video sampai selesai untuk dapat melihat nomor Kartu Prakerja pada menu dashboard.

Ketiga video akan berisi informasi dasar mengenai Kartu Prakerja, dari mengenali tantangan di dunia kerja hingga penjelasan manfaat Kartu Prakerja.

"Kamu juga tidak dapat menutup video jika belum selesai menonton atau mempercepat laju video. Apabila kamu mengalami kendala saat menonton video, kamu dapat menghubungi kami di Formulir Pengaduan," tulis laman Prakerja.

1. Perhatikan syarat

Dilansir dari Kompas.com, 25 Agustus 2021, sebelum mendaftar Prakerja, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah memenuhi syarat sebagai penerima program Kartu Prakerja.

2. Pakai nomor ponsel dan email aktif

Saat membuat akun Prakerja, pastikan kamu memasukkan nomor ponsel dan email aktif. Nomor ponsel dan email ini diperlukan untuk melakukan verifikasi kode one time password (OTP).

Jika sudah terlanjur mendaftarkan nomor ponsel dan email yang sudah tidak terpakai, segera perbarui di laman www.prakerja.go.id.

3. Data KK dan NIK sesuai

Salah satu faktor yang membuat pendaftar tidak lolos sebagai penerima Kartu Prakerja adalah ketidaksesuaian antara data di nomor induk kependudukan (NIK) dan data di kartu keluarga (KK).

Oleh sebab itu, penting untuk menyesuaikan data diri untuk mendaftar akun Kartu Prakerja.

Jika Anda menemukan ketidaksamaan data, Anda bisa menghubungi Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) melalui call center Dukcapil di 1500-538 atau datang ke kantor Dukcapil terdekat.

4. Status pekerjaan NIK

Salah satu penyebab pendaftar tidak lolos yang sering tidak disadari adalah status pekerjaan yang terdaftar pada data NIK di Ditjen Dukcapil.

Misalnya, jika Anda tercatat sebagai pelajar atau mahasiswa di Dukcapil, secara otomatis tidak akan lolos penyaringan. Sebab, bisa saja data diri Anda masih tercatat di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Oleh karena itu, jika Anda sudah tidak menjadi mahasiswa atau pelajar dan ingin mendaftar Kartu Prakerja, segera perbarui status pekerjaan di Dukcapil.

5. Kerjakan tes dengan benar

Saat pertama kali mendaftar Kartu Prakerja, peserta akan melalui tes untuk menilai seberapa layak seseorang menerima bantuan ini.

Maka dari itu, pastikan Anda mengerjakan tes dengan sebaik-baiknya. Sebab, jawaban secara asal bisa memperbesar peluang untuk tidak lolos.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/22/103841565/2-cara-cek-lolos-tidaknya-prakerja-gelombang-21

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke