Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudah, Ini Cara Membersihkan Noda Tinta pada Pakaian

Untuk menghilangkan noda tinta ini Anda harus memilih cairan pembersih yang tepat dan menggunakan teknik pencucian yang paling efektif.

Satu yang pasti, jangan pernah mencuci kemeja atau celana panjang yang terkena tinta sebelum Anda membersihkan noda tinta yang ada.

Jika Anda mencuci pakaian bersama noda yang ada, maka tinta akan bisa menyebar kemana-mana dan membuat permukaan kain terkena pigmen warna. 

Untuk membersihkan noda tinta pada pakaian, Anda membutuhkan alat dan bahan pembersih berupa kain lembut, mangkok besar, alkohol dan deterjen cair.

Sebelum membersihkan noda yang ada, tentukan dulu jenis tinta pulpen yang mencemari pakaian.

Jika tinta terbuat dari bahan air, maka noda tersebut akan mudah dihilangkan. Namun jika tinta yang ada bersifat permanen seperti marker permanen, maka noda lebih susah untuk dibersihkan secara tuntas.

Cara membersihkan noda tinta

Dilansir dari The Spruce, ini lah langkah-langkah membersihkan noda tinta pulpen pada pakaian:

1. Bersihkan ketika masih basah

Bersihkan garam, dan lihat apakah masih ada sisa noda. Jika masih, ulangi langkah dari awal hingga noda berkurang banyak. Setelah itu baru cuci baju.

2. Menghilangkan tinta berbahan dasar air

Untuk tinta yang berbahan dasar air, letakkan kain bersih di permukaan meja, kemudian tumpuk dengan pakaian yang terkena noda.

Beri sedikit air pada area noda, kemudian tutup pakaian dengan lap bersih. Tekan menggunakan tangan agar tinta terserap pada kain di bawah dan atas pakaian.

Kemudian beri area noda dengan deterjen cair dan diamkan selama lima menitan. Baru setelah itu cuci pakaian dengan menggunakan air panas.

Jika noda masih ada, ulangi dari langkah pertama.

3. Menghilangkan tinta permanen

Letakkan kain bersih di bawah pakaian. Gunakan lap bersih lain, tetesi dengan alkohol dan gunakan untuk mengusap noda tinta yang ada. Alkohol bisa membantu mengencerkan noda dan membuatnya terserap kain di bawahnya.

Jika handuk atau lap bersih di bawahnya sudah terkena tinta, maka pindah pakaian ke area handuk yang masih bersih agar tinta tak makin menyebar.

Lakukan teknik mengusap menggunakan alkohol hingga noda kian pudar dan makin tipis.

Langkah terakhir adalah memberi deterjen cair ke atas noda, dan diamkan selama lima menitan. Lalu cuci dengan air panas dan bilas.

Jika pakaian Anda putih, Anda bisa mencucinya menggunakan campuran pemutih pakaian dan air dingin.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/06/153000365/mudah-ini-cara-membersihkan-noda-tinta-pada-pakaian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke