Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Wilayah di Indonesia yang Akan Alami Hari Tanpa Hujan Panjang

Karena itu, masyarakat di sejumlah wilayah tersebut diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terkait potensi kekeringan ini.

Seperti diberitakan Kompas.com Kamis (26/8/2021), berdasarkan pantauan BMKG hingga akhir Agustus 2021, hasil monitoring perkembangan Musim Kemarau 2021 menunjukkan bahwa 85 persen wilayah Indonesia telah memasuki musim kemarau.

85 persen wilayah Indonesia itu mencakup dari wilayah Aceh hingga ke sebagian Papua. Di antaranya sebagai berikut:

Wilayah Indonesia yang mengalami Hari Tanpa Hujan

Sementara itu dari hasil monitoring Hari Tanpa Hujan  (HTH) berturut-turut, sejumlah wilayah di Indonesia mengalami Hari Tanpa Hujan dengan kategori sangat panjang (31-60 hari tanpa hujan) dan ekstrem panjang (lebih dari 60 hari berturut-turut tanpa hujan).

Berikut rinciannya:

HTH dengan kategori sangat panjang dan ekstrem panjang

  • Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami Hari Tanpa Hujan (HTH) dengan kategori yang sangat panjang dan ekstrem panjang.

Kelompok daerah yang mengalami HTH sangat panjang

  1. Jawa Barat
  2. Jawa Tengah
  3. Yogyakarta
  4. Jawa Timur
  5. Sulawesi Selatan
  6. Bali
  7. NTB
  8. NTT

Kelompok wilayah yang mengalami Hari Tanpa Hujan ekstrem panjang 

Sebagian besar melanda wilayah Nusa Tenggara Timur, di antaranya:

Peringatan dini kekeringan meteorologis

Dari hasil monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH) di sejumlah wilayah tersebut, BMKG mengeluarkan peringatan dini kekeringan meteorologis yang bisa terjadi dengan kategori awas dan siaga.

Mengacu pada monitoring kejadian hari kering berturut-turut di atas dan prediksi akan peluang hujan rendah (kurang dari 20 mm/10 hari) terdapat indikasi potensi kekeringan meteorologis pada beberapa kabupaten/kota.

Terutama di Provinsi Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, dengan status siaga dan awas sebagai berikut.

  • Kategori Awas

Sejumlah wilayah di Provinsi NTB yakni Kabupaten Bima dan Kabupaten Sumbawa diperkirakan akan dilanda potensi kekeringan dengan kategori awas.

Sedangkan di Provinsi Nusa Tenggara Timur sejumlah wilayah yang termasuk kategori awas yakni Kabupaten Alor, Kabupaten Belu, Kabupaten Flores Timur, Kotamadya Kupang, Kabupaten Kupang, Kabupaten Manggarai Timur, Kabupaten Sikka, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Timortengah Selatan, Kabupaten Timortengah Timur.

  • Kategori Siaga

Provinsi Jawa Timur (Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Situbondo).

Provinsi Bali (Kabupaten Buleleng, Kabupaten Karangasem).
Provinsi NTB (Kabupaten Lombok Timur).
Provinsi NTT (Kabupaten Ende, Kabupaten Ngada, Kabupaten Sumba Barat).

Adapun dampak kekeringan meteorologis ini harus segera dimitigasi oleh masyarakat dan pemerintah setempat, karena biasanya akan ada kejadian atau bencana ikutan setelahnya.

Di antaranya seperti berkurangnya persediaan air untuk rumah tangga dan pertanian serta meningkatnya potensi kebakaran semak, hutan, lahan dan perumahan.

(Sumber:Kompas.com/Ellyvon Pranita | Editor : Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas)

https://www.kompas.com/tren/read/2021/08/28/213500165/daftar-wilayah-di-indonesia-yang-akan-alami-hari-tanpa-hujan-panjang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke