Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Mengapa Harga Tes PCR di Indonesia Mahal dan Kapan Harganya Turun?

KOMPAS.com - Polemik perihal mahalnya harga tes PCR di Indonesia menjadi perbincangan khalayak dalam beberapa waktu terakhir.

Harga tes PCR di Indonesia disebutkan lebih mahal daripada negara lain, seperti India.

Diberitakan India Today, 4 Agustus 2021, India memangkas harga tes PCR yang sebelumnya 800 Rupee menjadi 500 Rupee atau setara Rp 96.000 berdasarkan kurs saat itu.

Sementara itu bagi mereka yang ingin melakukan tes PCR di rumah, biayanya 700 Rupee per tes. Sebelumnya tes PCR di rumah dihargai 1.200 Rupee.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun meminta Kementerian Kesehatan untuk menurunkan harga tes PCR di rentang Rp 450.000 hingga Rp 550.000.

Lantas, mengapa harga tes PCR di Indonesia mahal dan kapan harganya akan turun?

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium Indonesia (PDS PatKLIn) Aryati menjelaskan, mahalnya tarif PCR di Indonesia bukan dikarenakan laboratorium yang membuatnya menjadi mahal, tetapi ada berbagai faktor penyebab.

Salah satunya dari harga alat dan bahan baku tes PCR.

Perlu diketahui reagen ekstrasi dan bahan-bahan lain yang dipergunakan untuk tes PCR itu bisa sekali pakai.

Oleh karena itu, perlu ada regulasi tepat yang mengatur pengenaan pajak atau subsidi untuk komponen-komponen tes PCR.

"Pemerintah sebaiknya mengelola dengan baik harga PCR dengan cara mengendalikan harga reagen ekstraksi dan PCR serta bahan habis pakai, dengan cara melakukan mekanisme subsidi atau penghapusan pajak yang benar-benar terukur dan dihitung pemerintah dengan baik," jelas Aryati kepada Kompas.com, Senin (16/8/2021).

Hal senada juga diungkapkan oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi.

Menurutnya, saat ini Indonesia masih terkendala karena impor.

"Karena tes PCR kita masih impor ya termasuk bahan bakunya juga, sebagian besar juga impor," kata Nadia, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (14/8/2021).

Sementara itu, menurut Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Tjandra Yoga Aditama, murahnya harga tes PCR di India, salah satunya karena pemerintah setempat memberikan subsidi dan jumlah petugas laboratorium yang cukup banyak.

"Banyak juga dibicarakan tentang lebih murahnya bahan baku untuk industri dan juga mungkin ketersediaan tenaga kerja yang besar jumlahnya," ucapnya.

Tjandra mengaku, belum mengetahui secara pasti apakah Indonesia akan mencontoh India yang menurunkan harga tes PCR.

Namun, ia mengatakan, jika harga tes PCR lebih murah di Tanah Air, maka lebih banyak masyarakat yang dapat memeriksakan diri sehingga kasus Covid-19 lebih cepat ditemukan.

"Kalau harga lebih murah maka lebih besar kemungkinan masyarakat memeriksakan dirinya sehingga kalau positif dapat segera ditangani dan diisolasi/karantina untuk memutus rantai penularan," kata Tjandra.

Saat disinggung terkait kapan harga tes PCR di Indonesia turun, Siti mengatakan, eksekusi penurunan harga tes PCR akan segera diberlakukan.

"Insya Allah sesegera mungkin ya," kata Nadia, kepada Kompas.com, Senin (16/8/2021).

Sebagaimana diketahui, Berdasarkan Surat Edaran Kemenkes nomor HK. 02.02/I/3713/2020 tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR), ditetapkan batas tertinggi harga tes PCR adalah Rp 900.000.

Dalam perjalanannya, Presiden Jokowi meminta Kemenkes untuk menurunkan harga tes PCR untuk Covid-19.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam siaran yang ditayangkan Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (15/8/2021).

Ia meminta harga PCR maksimal Rp 550.000.

"Saya berbicara dengan Menteri Kesehatan mengenai hal ini, saya minta agar biaya tes PCR berada di kisaran Rp 450.000-Rp 550.000," kata Jokowi.

Dengan kisaran harga itu, Jokowi juga meminta hasil tes PCR bisa keluar selambat-lambatnya dalam 1x24 jam.

Hal ini, kata Jokowi, berkaitan dengan percepatan penanganan Covid-19, dengan memperkuat kapasitas tes.

(Sumber: Kompas.com/Rosy Dewi Arianti Saptoyo, Nur Fitriatus Shalihah | Editor: Rendika Ferri Kurniawan, Inggried Dwi Wedhaswary)

https://www.kompas.com/tren/read/2021/08/17/060500765/alasan-mengapa-harga-tes-pcr-di-indonesia-mahal-dan-kapan-harganya-turun-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke