Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pembeli yang Pesanan Flash Sale Dibatalkan Shopee Bantah Gunakan Bot

KOMPAS.com - Seorang calon pembeli batal mendapatkan barang di flash sale Shopee karena transaksi dibatalkan oleh pihak Shopee. 

Dia kemudian mengunggah pengalaman itu di media sosial Twitter, 5 Mei 2021.

Lewat akun Twitternya, @edo__________ dia menyebutkan bahwa jam tangan yang sudah dia beli tiba-tiba dibatalkan sepihak oleh Shopee, padahala dia sudah melakukan checkout.

Dalam postingan itu dia mengunggah bukti transaksi melalui twit itu. Harga jam tangan itu Rp 2,5 juta tapi karena masa flash sale, dia mendapatkan harga Rp 1.000.

Penjelasan Shopee

Kepala Kebijakan Publik Shopee Indonesia Radityo Triatmojo menjelaskan bahwa pihaknya telah menghubungi pemilik akun Twitter @edo__________ dan memberikan penjelasan.

Menurut Radityo, transaksi konsumen tersebut dibatalkan karena terindikasi melakukan kecurangan saat flash sale. 

"Akun dibekukan dan pesanan dibatalkan karena terdeteksi adanya kecurangan untuk sesi flash sale itu," katanya pada Kompas.com, Selasa (11/5/2021).

Dia menjelaskan, para pengguna yang mendapatkan stok promo flash sale spesial seperti itu akan melalui proses pengecekan dan validasi secara menyeluruh dari sistem dan tim internal.

"Shopee selalu mengutamakan keamanan dan kenyamanan berbelanja dan akan mengambil langkah tegas apabila ada tindakan yang merugikan para pengguna kami," imbuhnya.

Bantah gunakan bot

Pemilik akun @edo____ menceritakan kronologi kejadiannya pada Kompas.com.

Dia mengatakan pada tanggal 5 Mei pukul 13.00 WIB dia dapat jam tangan Fossil seharga Rp 1.000, namun tak lama pesanannya dibatalkan oleh Shopee.

Selain itu beberapa menit kemudian akunnya diblokir sepihak oleh Shopee tanpa adanya kejelasan.

"Saya lihat temen-temen saya banyak akunnya yang kena blokir juga, akhirnya saya buat thread," katanya pada Kompas.com, Selasa (11/5/2021).

Lalu malamnya pihak Shopee menelponnya dan dikatakan bahwa ada indikasi mencurigakan di akunnya, yaitu logout-login banyak akun dalam satu device.

"Padahal saya tidak pernah logout-login banyak akun dalam 1 device dari pertama kali saya beli hp," ungkapnya.

Dia juga mengatakan bahwa dirinya mendapatkan flash sale murni tanpa bot. Untuk berjaga-jaga dia merekam layar hapenya ketika proses mengikuti flash sale.

"Biasanya kan yang dicancel itu yang pake bot. Tapi ini saya murni manual pake tangan saya sendiri, screen recordnya pun ada. Saya sudah kirim bukti-buktinya ke CS Shopee, besoknya akun saya dibalikin lagi," tuturnya.

Klaim tidak melakukan kecurangan

Dia masih bersikeras bahwa dirinya tidak melakukan kecurangan dan pihak Shopee tak memiliki bukti dirinya curang.

Adapun yang disayangkan adalah jam tangan yang seharusnya didapatkannya tidak dikirimkan.

"Tapi tetep aja jam tangan Fossil yang harusnya jadi hak saya nggak dikirim ulang oleh pihak shopee. WA saya pun nggak dibales lagi sama pihak Shopee. Saya dan teman-teman saya merasa dirugikan sih," imbuhnya.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/05/12/134328665/pembeli-yang-pesanan-flash-sale-dibatalkan-shopee-bantah-gunakan-bot

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke