Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penumpang Kereta Api Melonjak pada Momentum Libur Panjang Oktober

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunnisa, mengungkapkan dari data pemesanan tiket per tanggal 24 Oktober 2020 menunjukkan angka tertinggi untuk keberangkatan antara tanggal 27 Oktober dengan volume sementara sekitar 7.270 dan 28 Oktober 2020 dengan volume sementara sekitar 7.679 penumpang.

"Data tersebut masih dapat berubah karena masih terdapat pemesanan tiket secara online," kata Eva kepada Kompas.com, Minggu (25/10/2020) siang.

Ia mengungkapkan, jumlah rata-rata penumpang per hari pada libur panjang tersebut bertambah lebih dari dua kali lipat jika dibandingkan akhir pekan pada 16 Oktober 2020.

Pada 16 Oktober, tercatat sebesar 2.876 penumpang dengan total KA yang dioperasikan sebanyak 18 KA.

Eva mengatakan pada momentum libur panjang akhir Oktober setidaknya 27 perjalanan kereta jarak jauh akan diberangkatkan dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Jakartakota.

Rapid test

Sementara itu, bertambahnya penumpang KA menjelang libur panjang juga berdampak pada padatnya antrean rapid test di stasiun.

"Tercatat pada 24 dan 25 Oktober 2012 layanan rapid di Stasiun Pasar Senen dan Gambir rata-rata melayani hingga sekitar 1.100 calon penumpang yang melakukan tes rapid," tutur Eva.

Ia mengimbau, untuk menghindari keterlambatan atau tertinggal KA, bagi calon penumpang yang ingin memanfaatkan layanan rapid test di stasiun agar melakukan rapid test H-1 sebelum jadwal keberangkatan. 

"Calon penumpang diharapkan dapat mengatur waktu keberangkatannya dan menyiapkan rentang waktu yang cukup jika tetap akan melakukan rapid tes pada hari yang sama dengan hari keberangkatan, tidak disarankan datang 3 jam sebelum keberangkatan untuk menghindari resiko tertinggal KA mengingat antrian rapid test di stasiun cukup padat," tegas Eva.

Ia pun mengingatkan, calon penumpang KA tidak harus rapid test di stasiun, melainkan dapat melakukannya di klinik-klinik terdekat.

Adapun, layanan rapid test bagi calon penumpang di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen dimulai pukul 07.00 hingga 19.00 WIB dengan biaya sebesar Rp 85.000.

"Calon penumpang KA yang ingin melakukan rapid tes di stasiun harus memiliki kode booking tiket KAJJ yang telah terbayar lunas," kata Eva.

Reaktif

Eva mengatakan calon penumpang yang kedapatan reaktif saat rapid test tidak diperkenankan melakukan perjalanan KA.

PT KAI akan mengembalikan biaya tiket KA 100 persen, di luar biaya pesan. Eva pun menyarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

Terkait dengan resrvasi tiket KA, kata dia, dapat dipesan mulai H-7 sebelum keberangkatan secara online melalui aplikasi KAI Access atau channel eksternal yang telah bekerja sama dengan PT KAI.

"Pelayanan tiket di loket stasiun hanya melayani penumpang goshow 30 menit sebelum KA berangkat," ujarnya.

Informasi jadwal perjalanan KA secara lengkap dapat diakses melalui saluran resmi milik PT KAI, seperti aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, contact center (021) 121, layanan pelanggan cs@kai.id dan sosial media @keretaapikita @kai121_.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/10/25/145546365/penumpang-kereta-api-melonjak-pada-momentum-libur-panjang-oktober

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke