Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penghargaan Nobel 2020, Siapa Saja Pemenangnya?

Pengumuman penerima penghargaan Nobel 2020 dilangsungkan pada 5-12 Oktober 2020.

Penghargaan tersebut diberikan kepada tokoh-tokoh yang dinilai berjasa atau berkontribusi bagi kehidupan manusia.

Ada enam kategori penghargaan Nobel yang diberikan, yakni Fisika, Kimia, Kedokteran, Perdamaian, Sastra, dan Ekonomi.

Sejauh ini, lima kategori sudah diumumkan dan tinggal menyisakan nobel di bidang ekonomi.

Siapa saja mereka?

Ada tiga nama yang menerima penghargan Nobel di bidang fisika, yaitu Roger Penrose, Reinhard Genzel, dan Andrea Ghez.

Ketiganya merupakan ilmuwan yang sukses menemukan salah satu fenomena paling eksotis di alam semesta, yaitu lubang hitam.

Dengan menggunakan metode matematika, Roger Penrose menunjukkan bahwa relativitas umum mengarah pada pembentukan lubang hitam.

Sementara itu, Reinhard Genzel dan Andrea Grez menemukan bahwa benda tak terlihat dan sangat berat mengatur orbit bintang di pusat galaksi kita.

Genzel dan Ghez mengembangkan metode untuk melihat melalui awan besar gas dan debu antarbintang ke pusat Bima Sakti dengan menggunakan teleskop terbesar di dunia.

Karya perintis mereka telah memberi umat manusia bukti paling meyakinkan tentang lubang hitam supermasif di pusat Bima Sakti.

Penghargaan Nobel 2020 di bidang kimia diberikan kepada Emmanuelle Charpentier dan Jennifer A Doudna.

Penghargaan tersebut dianugerahkan pada Rabu (7/10/2020).

Keduanya telah menemukan salah satu alat paling penting dari teknologi gen, yaitu gunting genetik CRISPR atau Cas9.

Dengan menggunakan alat ini, para peneliti dapat mengubah DNA hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme dengan presisi yang sangat tinggi.

Sejak Charpentier dan Doudna menemukan gunting genetik CRISPR/Cas9 pada 2012, penggunaannya cukup masif.

Alat ini telah berkontribusi pada banyak penemuan penting dalam penelitian dasar. Selain itu, peneliti tanaman telah mampu mengembangkan tanaman yang tahan terhadap jamur, hama, dan kekeringan.

Di dunia medis, uji klinis terapi kanker baru sedang berlangsung, dan impian untuk dapat menyembuhkan penyakit bawaan akan segera menjadi kenyataan berkat temuan keduanya.

Penghargaan Nobel Kedokteran tahun ini diberikan kepada tiga ilmuwan yang telah memberikan kontribusi penting untuk memerangi hepatitis yang ditularkan melalui darah.

Penyakit itu merupakan masalah kesehatan global utama yang menyebabkan sirosis dan kanker hati pada orang-orang di seluruh dunia.

Penghargaan Nobel Kedokteran 2020 dianugerahkan pada Senin (5/10/2020).

Harvey J Alter, Michael Houghton, dan Charles M Rice, tiga ilmuwan penerima penghargaan Nobel Kedokteran, membuat penemuan penting yang mengarah pada identifikasi virus baru, virus Hepatitis C.

Sebelum temuan mereka, penemuan virus Hepatitis A dan B merupakan langkah maju yang kritis, tetapi sebagian besar kasus hepatitis yang ditularkan melalui darah tetap tidak dapat dijelaskan.

Penemuan virus Hepatitis C mengungkap penyebab sisa kasus hepatitis kronis dan memungkinkan dilakukannya tes darah dan obat-obatan baru yang telah menyelamatkan jutaan nyawa.

Penghargaan Nobel 2020 di bidang perdamaian dianugerahkan kepada Program Pangan Dunia atau World Food Programme (WFP).

Pengumuman penghargaan dilakukan pada Jumat (9/10/2020).

Dikutip dari laman resmi Nobel, Komite Nobel Norwegia memutuskan untuk memberikan Penghargaan Nobel Perdamaian WFP atas upayanya untuk memerangi kelaparan, juga kontribusinya untuk memperbaiki kondisi perdamaian di daerah yang terkena konflik.

Selain itu, pandemi virus corona penyebab Covid-19 telah berkontribusi pada lonjakan jumlah korban kelaparan di dunia.

Di negara-negara seperti Yaman, Republik Demokratik Kongo, Nigeria, Sudan Selatan, dan Burkina Faso, kombinasi konflik kekerasan dan pandemi telah menyebabkan peningkatan dramatis jumlah orang yang hidup di ambang kelaparan.

Komite Nobel Norwegia menilai, dalam menghadapi pandemi, WFP telah menunjukkan kemampuan yang mengesankan.

WFP sendiri menyatakan, selama belum ada vaksin untuk menangkal virus, makanan adalah vaksin terbaik untuk melawan kekacauan.

WFP adalah organisasi non-profit yang berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Organisasi tersebut telah berdiri sejak 1961 lalu.

Penghargaan Nobel di bidang Sastra dianugerahkan kepada Louise Glück, penyair asal Amerika Serikat pada Kamis (8/10/2020).

Yayasan Nobel mengatakan, penghargaan tersebut diberikan kepada Louise atas karya-karyanya yang indah.

"Untuk suara puitisnya, yang tidak salah lagi, dengan keindahan yang tegas mampu membuat keberadaan individu menjadi universal," tulis keterangan resmi di laman Nobel.

Louise Glück lahir pada 1943 di New York dan tinggal di Cambridge, Massachusetts. Selain sebagai penulis, dia adalah seorang profesor bahasa Inggris di Yale University, New Haven, Connecticut.

Dia memulai debutnya pada 1968 dengan karyanya yang berjudul Firstborn. Setelah itu, Louise segera diakui sebagai salah satu penyair paling terkemuka dalam sastra kontemporer Amerika.

Louise Glück telah menerbitkan 12 antologi puisi dan beberapa esai tentang puisi.

Karya-karyanya identik dengan kehidupan masa kanak-kanak dan keluarga, serta hubungan dekat dengan orangtua dan saudara kandung.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/10/09/205420565/penghargaan-nobel-2020-siapa-saja-pemenangnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke