Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Thailand Akan Produksi Vaksin Murah, Bisa Diakses Asia Tenggara

KOMPAS.com - Pemerintah Thailand mengumumkan pada minggu lalu bahwa mereka rencananya memiliki vaksin yang siap digunakan tahun depan.

Hal itu diumumkan setelah para peneliti di Universitas Chulalongkorn Bangkok berhasil melakukan uji coba pada tikus.

Seorang peneliti di Thailand pun mendorong terwujudnya vaksin tersebut yang hemat biaya dan dapat diakses di Asia Tenggara.

“Kami tidak bertujuan menghasilkan uang. Ini bukan masalah uang tetapi masalah aksesibilitas," kata Direktur pengembangan vaksin virus corona Kiat Ruxrungtham seperti dikutip Reuters, Senin (25/5/2020). 

Kiat dan timnya telah bermitra dengan para ilmuwan dan perusahaan biotek di Amerika Utara.

Uji coba vaksin dilakukan terhadap monyet

Pada Sabtu (23/5/2020), uji coba Thailand terhadap vaksin dilakukan terhadap monyet dimulai.

Itu salah satu dari setidaknya 100 vaksin potensial dalam pekerjaan di seluruh dunia.

Dilansir VOA, Senin (25/5/2020), Direktur Pusat Penelitian Primata Nasional Thailand, Suchinda Malaivitjitnond mengatakan, suntikan vaksin diberikan kepada 13 monyet.

Dia juga berharap vaksin "buatan Thailand" akan lebih murah daripada obat Eropa atau Amerika.

Mereka ingin memproduksi vaksin secara massal di Thailand dengan harga yang lebih terjangkau di sana dan negara sekitar seperti Indonesia, Malaysia, Laos, Vietnam, dan Myanmar.

Dia mengatakan, penting untuk tidak hanya mengandalkan ekonomi utama untuk mengembangkan dan memproduksi vaksin virus corona.

Kiat juga mempertanyakan jika nanti vaksin telah ditemukan di negara lain, apakah fasilitas manufaktur bisa menghasilkan jutaan bahkan milyaran dosis.

Oleh karena itu, negara kecil seperti Thailand dan sekitarnya, menurut Kiat, perlu melangkah dan membuat vaksin sendiri.

Hal itu akan mencegah kekurangan pasokan secara global.

Menurut WHO saat ini ada lebih dari 100 kandidat vaksin dengan berbagai tahap perkembangan di seluruh dunia. Setidaknya delapan di antaranya dalam uji klinis dengan manusia. 

Kasus virus corona di Thailand

Thailand adalah salah satu negara yang sudah berhasil menekan penyebaran virus corona dan mulai mengurangi beberapa pembatasan.

Saat ini terdapat lebih dari 3.000 kasus dengan hanya 57 kematian. Dalam sebulan terakhir ini kasus baru yang dilaporkan Thailand tidak lebih dari 10 kasus setiap harinya.

Hal itu lebih sedikit dibanding negara-negara sekitarnya seperti Singapura, Indonesia dan Filipina yang melaporkan ratusan kasus setiap harinya.

"Jika tetangga kita masih memiliki angka infeksi yang tinggi maka kita tidak akan bertahan dalam jangka panjang," tambah Kiat.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/26/171143965/thailand-akan-produksi-vaksin-murah-bisa-diakses-asia-tenggara

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke