Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berikut Daftar Orang Terkaya Indonesia 2020, Siapa Saja Mereka?

KOMPAS.com - Enam Warga Negara Indonesia (WNI) masuk dalam daftar 700 orang terkaya di dunia versi Forbes 2020.

Melansir Forbes, Rabu (8/4/2020), keenam orang tersebut adalah Budi Hartono, Michael Hartono, Sri Prakash Lohia, Keluarga Tahir, Prajogo Pangestu, dan Chairul Tanjung.

Berikut profil keenam orang tersebut:

1. Hartono Bersaudara 

Budi Hartono dan Michael Hartono masih menempati posisi pertama dan kedua orang terkaya di Indonesia. 

Budi Hartono menyandang status sebagai orang terkaya di Indoensia dan mencatatkan dirinya di posisi 80 dalam daftar orang terkaya di dunia. Total kekayaannya mencapai 13,6 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 217,6 triliun.

Sementara Michael Hartono, saudara dari Budi Hartono, menempati posisi kedua orang terkaya di Indonesia dan berada di posisi 86 dalam daftar orang terkaya di dunia. Kekayaan Michael mencapai 13 miliar dollar AS atau setara Rp 208 triliun.

Sumber kekayaan utama kedua bersaudara tersebut berasal dari kepemilikannya atas perusahaan rokok Djarum dan Bank BCA.

2. Sri Pakash Lohia

Sri Pakash Lohia berada di urutan ketiga orang terkaya Indonesia dengan total kekayaan mencapai 4,3 miliar dollar AS.

Dalam daftar 500 orang terkaya di dunia, Sri Pakash Lohia berada di urutan 414. Sumber kekayaan utamanya berasal dari Indorama Corporation yang bergerak di bidang petrokimia dan tekstil.

3. Keluarga Tahir 

Berikutnya ada Keluarga Dato Sri Tahir yang masuk dalam keluarga terkaya di Indonesia. Kekayaannya tercatat mecapai 4,1 miliar dollar AS atau setara Rp 65,6 triliun.

Keluarga Tahir berada di posisi ke empat orang terkaya Indonesia dan berada di urutan 437 dalam daftar orang terkaya di dunia. Keluarga ini adalah pemilik dari Mayapada Group yang bergerak di bisnis perbankan, rumah sakit dan real estate.

Tahir juga dikenal sebagai sosok miliarder yang dermawan. Dia menunjukkan kiprahnya di bidang amal melalui yayasan Tahir Foundation.

Bahkan, dirinya siap membagikan 1.000 makanan gratis setiap hari kepada sejumlah profesi kelas menengah ke bawah yang terdampak virus corona atau Covid-19. 

4. Prajogo Pangestu

Prajogo Pangestu memiliki kekayaan senilai 3,5 miliar dollar AS atau setara Rp 56 triliun. Dia menduduki posisi 538 dalam orang terkaya di dunia versi Forbes. 

Salah satu sumber kekayaannya berasal dari bisnis kayu yang digeluti sejak 1970-an bernama PT Barito Pacific Timber. Pada 2007, perusahaan itu berganti nama menjadi Barito Pacific setelah mengurangi bisnis kayu.

5. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung menjadi orang terkaya ke-648 di dunia versi Forbes. Pengusaha ini memiliki kekayaan senilai 3,1 miliar dollar AS atau setara Rp 49,6 triliun. 

Sumber kekayaannya berasal CT Corp yang bergerak di bidang layanan finansial, media, ritel, gaya hidup, hiburan, dan kebun kelapa sawit.

Penurunan kekayaan

Dalam daftar orang terkaya di dunia tahun 2020 terdapat nama 2.095 miliarder. Jumlah itu menurun dibandingkan tahun 2019, yaitu sebanyak 2.153 orang.

Total kekayaan bersih gabungan miliarder tahun ini adalah 8 triliun dollar AS atau sekitar Rp 130.464 triliun. Jumlah ini mengalami penurunan dari tahun sebelumnya di mana total kekayaan bersih gabungan mencapai 8,7 triliun dollar AS.

Sebanyak 267 orang yang masuk daftar orang terkaya di tahun 2019 tidak lagi masuk daftar pada tahun 2020 ini. Sementara, 1.062 orang menunjukkan penurunan kekayaan.

Kondisi ini juga dapat mencerminkan pasar yang tidak stabil dan pandemi virus yang terjadi.

"Orang terkaya di dunia tidak kebal terhadap dampak buruk dari virus corona. Penurunan jumlah miliarder tahun ini mencerminkan dampak ekonomi dari pandemi" kata Asisten Editor Forbes Kerry A. Dolan sebagaimana dikutip Forbes.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/08/170303465/berikut-daftar-orang-terkaya-indonesia-2020-siapa-saja-mereka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke