Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini yang Perlu Diketahui soal LTMPT SNMPTN

Kebijakan Single Sign On (SSO) mewajibkan sekolah dan siswa yang akan lanjut ke universitas negeri baik lewat jalur SNMPTN 2020, UTBK 2020, dan SBMPTN 2020 mempunyai akun di situs LTMPT, https://portal.ltmpt.ac.id.

Ketua LTMPT Ravik Karsidi menjelaskan, kebijakan ini dibuat untuk mengintegrasikan data penerimaan calon mahasiswa baru dari jalur yang tersedia dalam satu sistem.

Pendaftaran dan pengisian data sekolah dan calon peserta SNMPTN 2020 dapat diakses mulai hari ini, Senin (2/12/2019) pukul 15.00 WIB.

Ravik menambahkan, registrasi akun LTMPT dibagi menjadi dua, yakni akun sekolah dan siswa.

Cara pendaftaran

Kemendikbud

Sekolah yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan registrasi akun LTMPT dengan memasukkan kombinasi Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Kode Registrasi pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Kemenag

Sekolah di bawah Kementerian Agama (Kemenag) melakukan registrasi dengan memasukkan kombinasi Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Kode Education Management Information System (EMIS).

Siswa

Calon peserta SNMPTN 2020, UTBK 2020, dan SBMPTN 2020 melakukan registrasi akun LTMPT dengan memasukkan kombinasi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir.

Rentang waktu

Sekolah dan siswa yang akan mengikuti SNMPTN 2020 dapat memanfaatkan waktu yang tersedia.

Sekolah dan siswa diimbau tak mendaftar di awal atau di akhir waktu agar tidak mengalami hambatan.

Portal LTMPT untuk sekolah yang mendaftar dan mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS, serta bagi calon siswa pendaftar SNMPTN 2020 bisa diakses pada 2 Desember 2019-7 Januari 2020.

Sementara, jalur UTBK 2020 dan SBMPTN 2020 dibuka pada 7 Februari-5 April 2020 mendatang.

Layanan informasi

LTMPT menyediakan kanal layanan informasi bagi sekolah dan siswa yang mengalami hambatan.

Selain lewat helpdesk http://halo.ltmpt.ac.id/, LTMPT menyediakan layanan telepon ke nomor 0804-1-450-450.

Kuota mahasiswa

Dilansir dari situs resmi LTMPT, penerimaan mahasiswa baru PTN 2020 dilaksanakan lewat tiga jalur, yaitu SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

Kuotanya, SNMPTN minimum 20 persen dari daya tampung, SBMPTN minimum 40 persen dari daya tampung, dan Seleksi Mandiri maksimum 30 persen dari daya tampung.

https://www.kompas.com/tren/read/2019/12/02/125832865/ini-yang-perlu-diketahui-soal-ltmpt-snmptn

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke