Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran Antasari: Biografi, Perlawanan, dan Akhir Hayatnya

Kompas.com - 27/05/2023, 00:30 WIB
Susanto Jumaidi,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pangeran Antasari adalah seorang pahlawan nasional dari bumi Borneo, tepatnya dari Kalimantan Selatan, Indonesia.

Ia terkenal karena memimpin perlawanan terhadap penjajahan Belanda pada abad ke-19 yang dikenal dengan peristiwa Perang Banjar.

Berikut ini adalah riwayat hidup Pangeran Antasari.

Baca juga: Biografi Pangeran Diponegoro, Pemimpin Perang Jawa

Biografi Pangeran Antasari

Pangeran Antasari lahir pada tanggal tahun 1797 di Kayu Tangi, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Nama aslinya Gusti Inu Kartapati.

Ayahnya adalah Pangeran Masohut dan ibunya bernama Goesti Hadjiah. Ia lahir di tengah pertentangan dua keluarga yang merebutkan tahta Banjar.

Namun tak seperti anak bangsawan pada umumnya, Antasari sejak kecil telah dirundung kemalangan akibat pertikaian keluarga besarnya.

Baca juga: Mengapa Cut Nyak Dien Melakukan Perlawanan terhadap Belanda

Antara keluarga besar dari pihak ayah dan ibunya sebenarnya saling merebutkan kekuasaan di Banjar yang berakhir dengan perang saudara di antara keduanya.

Keluarga ayahnya, Pangeran Masohut, berada di kelompok yang kalah. Saudaranya hingga orang tuanya telah dibunuh oleh pihak yang berkuasa.

Karenanya, Pangeran Antasari terbuang dari istana, tumbuh di tengah masyarakat biasa. Sebagai rakyat jelata, ia membanting tulang untuk memenuhi kehidupan keluarganya.

Kondisi hidup demikian ini justru membentuk pribadi Antasari sebagai orang berwatak keras dan tak kenal menyerah yang tercermin dalam riwayat perlawanannya.

Baca juga: 5 Biografi Singkat Pahlawan dari Kalimantan, Ada Pangeran Antasari

Riwayat Perlawanan

Pada tahun 1859, Belanda melakukan tindakan represif dan penindasan terhadap rakyat Banjar, termasuk memaksakan pajak yang berat.

Pangeran Antasari memimpin perlawanan terhadap penindasan ini dan memobilisasi pasukan untuk melawan Belanda. Perlawanan ini dikenal sebagai Perang Banjar atau Perang Antasari.

Perang Banjar merupakan perlawanan rakyat Banjar yang dipimpin oleh Pangeran Antasari. Perlawanan dimulai dari tahun 1859 dan benar-benar berakhir pada tahun 1925.

Dalam peperangan yang berlangsung dahsyat, Pangeran Antasari bersama pasukannya berhasil menguasai beberapa wilayah dari tangan Belanda.

Lokasi pertama yang diserang adalah lokasi pertambangan di kawasan Gunung Jabuk, dan berhasil menguasai pertambangan batu bara di Pengaron.

Baca juga: Sejarah Perang Banjar: Tokoh, Penyebab, Kronologi, dan Dampak

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com