Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Zero Waste, Hidup Mengurangi Sampah

Kompas.com - 06/12/2022, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Zero waste adalah pilihan kebijakan untuk hidup mengurangi sampah.

Laman sumber bacaan milik Grup Kompas Gramedia (KG), gramedia.com pada September 2022 menulis bahwa zero waste bisa dijadikan kebiasaan hidup untuk meminimalisasikan pertumbuhan jumlah sampah.

Hasil olahan sampah plastik murid-murid SDN 2 Sukajaya, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. DOK. PHE Jambi Merang Hasil olahan sampah plastik murid-murid SDN 2 Sukajaya, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

Kisah zero waste berawal dari Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang sejak 2019 sudah semakin gencar menggelar kampanye zero waste.

Sampah pada akhirnya akan menjadi bencana besar bagi kehidupan manusia.

Baca juga: Adrie Basuki, Berdayakan Perempuan di Bogor lewat Zero Waste Fashion

Zero waste

Kurangi emisi karbon, Kementerian PUPR bangun infrastruktur hijau.Dok. Kementerian PUPR Kurangi emisi karbon, Kementerian PUPR bangun infrastruktur hijau.

Di Indonesia, kampanye zero waste selain berfokus pada individu juga menyasar korporasi.

Tentang zero waste, sasaran kepada korporasi menyangkut upaya mengidentifikasi komitmen dan inovasi perusahaan terhadap praktik hijau, termasuk transisi energi bersih, komitmen rendah emisi, keuangan berkelanjutan, dan sebagainya.

Ilustrasi MSG atau mecin. Selain sebagai penyedap makanan, mecin dapat digunakan pula sebagai pupuk tanaman.SHUTTERSTOCK/NAMNING Ilustrasi MSG atau mecin. Selain sebagai penyedap makanan, mecin dapat digunakan pula sebagai pupuk tanaman.

Upaya ini dalam penilaian Katadata Green Initiative Awards baru-baru ini menyasar empat kategori bidang usaha perusahaan, termasuk perusahaan kebutuhan konsumen atau consumer goods.

PT Ajinomoto Indonesia mendapat penghargaan Katadata Green Initiative Awards untuk upaya zero waste pada produk dan di lingkungan perusahaan.

Foto pada 2 Desember 2022 di Jakarta.Ajinomoto PT Ajinomoto Indonesia mendapat penghargaan Katadata Green Initiative Awards untuk upaya zero waste pada produk dan di lingkungan perusahaan. Foto pada 2 Desember 2022 di Jakarta.

Kata Direktur Ajinomoto Sales Indonesia Tri Mulyo Indianto menyebut pihaknya mendapatkan penghargaan Katadata Green Initiative Awards.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+