Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Ban Kapten Sepak Bola

Kompas.com - 25/11/2022, 22:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban kapten sepak bola adalah salah satu perlengkapan penting dalam sebuah pertandingan sepak bola.

Laman Kompas.com edisi 25 November 2022 sebagai bahan bacaan menunjukkan informasi bahwa ban kapten sepak bola terbuat dari karet atau plastik elastis.

Ban kapten itu dikenakan di lengan pemain.

Baca juga: Kisah Ban Kapten Pelangi, Belanda Pencetusnya

Ban kapten sepak bola menjadi penanda bahwa seorang pemain adalah pemimpin tim pada laga sepak bola.

Ban kapten sepak bola

Reaksi Cristiano Ronaldo selepas laga terakhir Grup A2 UEFA Nations League 2022-2023 Portugal vs Spanyol di Estadio Municipal de Braga, Rabu (28/9/2022) dini hari WIB. Portugal kalah 0-1 dari Spanyol dan gagal ke semifinal. Ronaldo kecewa berat dan mlempar ban kapten ke tanah. Terkini, Cristiano Ronaldo, harus mengalami masalah pada perutnya menjelang bergulirnya Piala Dunia 2022. Ronaldo juga terancam dicoret dari tim Man United menyusul peryataan kontroversial yang ia utarakan dalam wawancara eksklusif bersama jurnalis Inggris, Piers Morgan.AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA Reaksi Cristiano Ronaldo selepas laga terakhir Grup A2 UEFA Nations League 2022-2023 Portugal vs Spanyol di Estadio Municipal de Braga, Rabu (28/9/2022) dini hari WIB. Portugal kalah 0-1 dari Spanyol dan gagal ke semifinal. Ronaldo kecewa berat dan mlempar ban kapten ke tanah. Terkini, Cristiano Ronaldo, harus mengalami masalah pada perutnya menjelang bergulirnya Piala Dunia 2022. Ronaldo juga terancam dicoret dari tim Man United menyusul peryataan kontroversial yang ia utarakan dalam wawancara eksklusif bersama jurnalis Inggris, Piers Morgan.

Peraturan mengenai ban kapten sepak bola ada di peraturan federasi olahraga sepak bola dunia, FIFA.

Sejarah ban kapten sepak bola menurut peraturan FIFA adalah menunjukkan warna bendera negara yang akan bertanding.

Marc Klok dengan ban kapten melingkar di lengannya saat pertandingan Persib Bandung vs Madura United, dalam laga pekan kedua Liga 1 2022-2023, Sabtu (30/7/2022) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).KOMPAS.com/Adil Nursalam Marc Klok dengan ban kapten melingkar di lengannya saat pertandingan Persib Bandung vs Madura United, dalam laga pekan kedua Liga 1 2022-2023, Sabtu (30/7/2022) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Ban kapten sepak bola, lantas, punya warna mencolok yang kontras dengan warna kaus pesepak bola.

Warna kontras ban kapten sepak bola menjadi syarat penting.

Ban kapten sepak bola dengan warna kontras memudahkan kerja wasit sebagai juru adil di lapangan pertandingan.

Lionel Messi merapikan ban kaptennya jelang pertandingan Argentina vs Venezuela di Stadion Wanda Metropolitano, 22 Maret 2019. AFP/BENJAMIN CREMEL Lionel Messi merapikan ban kaptennya jelang pertandingan Argentina vs Venezuela di Stadion Wanda Metropolitano, 22 Maret 2019.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+