Mangrove, Andalan Pencegah Abrasi

Kompas.com - 29/09/2022, 20:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mangrove adalah tanaman yang tetap menjadi andalan pencegah abrasi.

Catatan bahan literatur dari Kompas.com edisi 12 September 2022 menunjukkan bahwa abrasi adalah pengikisan bagian daratan oleh terpaan ombak laut.

Mangrove yang lazim disebut bakau ditanam secara sengaja di tepi pantai.

Tak hanya sebagai pencegah abrasi, hutan mangrove terbukti menjadi tempat tinggal alias rumah berjenis-jenis flora dan fauna.

Baca juga: 9 Jenis Tanaman Mangrove dan Faktornya

Andalan

Ilustrasi hutan bakaucanva.com Ilustrasi hutan bakau

Di Indonesia penanaman mangrove menjadi tugas penting dari dua kementerian sekaligus.

Kedua kementerian itu adalah Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Kementerian-kementerian tersebut, sudah barang tentu, mengggandeng pihak-pihak terkait, termasuk swasta dan lembaga swadaya masyarakat (NGO).

Kondisi abrasi di Jorong Masang, Nagari Tiku Lima Jorong, Kecamatan Tanjungmutiara, Kabupaten Agam. ANTARA/YUSRIZAL Kondisi abrasi di Jorong Masang, Nagari Tiku Lima Jorong, Kecamatan Tanjungmutiara, Kabupaten Agam.

KLH ikut berperan, contohnya, pada penanaman 18.000 bibit mangrove di Desa Panimbang Jaya, Kecamatan Panimbang, dan Desa Cigorondong, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, oleh Yayasan Keanekaragaman Hayati (Kehati) bersama PT Asahimas Chemical (ASC), 27 September 2022.

PT Asahimas Chemical dan Yayasan KEHATI bersama DKP Banten, Untirta, Camat Panimbang, dan kelompok masyarakat setempat melakukan penanaman mangrove di Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten (27/9/2022). Syarif KEHATI PT Asahimas Chemical dan Yayasan KEHATI bersama DKP Banten, Untirta, Camat Panimbang, dan kelompok masyarakat setempat melakukan penanaman mangrove di Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten (27/9/2022).

Selanjutnya, pada laman menklhk.go.id terdapat informasi data penuntasan program penanaman mangrove 2021.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.