Revolusi Kebudayaan pada Zaman Neolitikum di Indonesia

Kompas.com - 28/09/2022, 23:59 WIB

KOMPAS.com - Zaman Neolitikum merupakan era revolusi dalam kehidupan masyarakat praaksara Indonesia, di mana terjadi perubahan dari food gathering (mengumpulkan makanan) menjadi food producing (bercocok tanam).

Meski semua wilayah di dunia mengalami periode ini, tetapi awal mula dan berlangsungnya berbeda-beda di setiap tempat, begitu pula di Kepulauan Indonesia.

Masa Neolitikum atau terjadinya revolusi kebudayaan untuk pertama kalinya diperkirakan terjadi pada kala Holosen, atau sekitar 12.500 tahun lalu.

Lantas, bagaimana revolusi kebudayaan pada zaman Neolitikum di Indonesia?

Baca juga: Zaman Neolitikum: Ciri-ciri, Manusia Pendukung, dan Hasil Kebudayaan

Kehidupan sosial

Pada periode ini, daerah Indonesia yang dihuni manusia semakin bertambah luas, dengan pemusatan populasi di daerah-daerah yang subur.

Kehidupan masyarakat pada zaman Neolitikum tidak lagi berpindah-pindah tempat, karena masyarakatnya telah hidup menetap dan mampu mengolah ladang.

Menilik kondisi beberapa tempat penemuan, masyarakat purba cenderung untuk mendiami tempat-tempat terbuka yang dekat dengan air, seperti di pinggir sungai, tepian danau, dan daerah pantai.

Karena hunian mereka telah menetap, ada kemungkinan masyarakatnya hidup secara berkelompok dan membentuk perkampungan kecil.

Dalam sebuah kampung biasanya terdiri dari beberapa keluarga dan hidup secara gotong royong dengan sistem pembagian kerja antara perempuan dan laki-laki.

Misalnya para laki-laki bertugas membangun rumah, sementara kaum perempuan akan merawat dan menghiasnya.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.