7 Pahlawan Revolusi Korban G30S

Kompas.com - 28/09/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Gerakan 30 September atau G30S adalah peristiwa tragis yang menewaskan enam jenderal dan satu perwira TNI Angkatan Darat.

Menurut sejarah, ketujuh jenderal tersebut dibunuh pada 1 Oktober 1965. Mereka kemudian diangkat sebagai pahlawan revolusi.

Enam jenderal dan satu perwira korban G30S adalah:

  1. Jenderal Ahmad Yani
  2. Mayjen R. Soeprapto
  3. Mayjen M.T. Haryono
  4. Mayjen S. Parman
  5. Brigjen DI Panjaitan
  6. Brigjen Sutoyo
  7. Lettu Pierre A Tendean

Berikut ini kisah 6 jenderal korban G30S.

Baca juga: Peristiwa G30S di Yogyakarta

Kronologi Penculikan

Peristiwa penculikan ketujuh jenderal didorong dugaan adanya upaya kudeta terhadap Presiden Soekarno oleh beberapa jenderal TNI Angkatan Darat pada 5 Oktober 1965.

Mereka yang dituding hendak melakukan kudeta disebut oleh dewan pimpinan PKI, sebagai Dewan Jenderal.

Menanggapi isu keberadaan Dewan Jenderal, Letkol Untung, kemudian membentuk Dewan Revolusi yang terdiri atas orang-orang sipil dan militer yang mendukung Gerakan 30 September.

Menurut sejarah, ketujuh jenderal ini dijemput paksa oleh pasukan Cakrabirawa, cikal bakal Pasukan Pengamanan Presiden sekarang, dari kediaman mereka masing-masing pada 1 Oktober 1965, dini hari.

Ada yang dibawa dalam keadaan masih hidup, tetapi ada juga yang sudah dalam keadaan tak bernyawa karena dirundung tembakan oleh pasukan Cakrabirawa.

Tiga dari tujuh jenderal yang dibunuh di kediamannya adalah Letjen Ahmad Yani, Mayjen M.T. Haryono, dan Brigjen DI Panjaitan.

Halaman:
Sumber Kompas.com


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.