Apa yang Terjadi di Rengasdengklok?

Kompas.com - 11/08/2022, 20:34 WIB

KOMPAS.com - Peristiwa Rengasdengklok sering kali disebut sebagai salah satu momen penting dalam sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa ini ditandai dengan penculikan dua tokoh bangsa Indonesia, Soekarno dan Mohammad Hatta, oleh golongan muda pada 16 Agustus 1945.

Golongan muda menculik Soekarno dan Hatta demi mendesak dua tokoh bangsa itu agar segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Baca juga: Tokoh yang Mengusulkan Teks Proklamasi Ditandatangani Soekarno-Hatta

Namun, apa yang sebenarnya terjadi di Rengasdengklok? 

Tidak ada perundingan di Rengasdengklok

Selama ini, Peristiwa Rengasdengklok selalu ditafsirkan memiliki andil penting menjelang kemerdekaan Indonesia yang diproklamasikan pada 17 Agustus 1945.

Di kota kecamatan Kabupaten Karawang itu, disebut telah terjadi sebuah perundingan antara golongan tua dan golongan muda terkait proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Namun, kenyataan lain diungkapkan Mohammad Hatta yang turut diculik ke Rengasdengklok.

Dalam Legende dan Realitet Sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 yang dimuat di Mimbar Indonesia edisi 17 Agustus 1951 Nomor 32/33, Hatta menulis bahwa tidak ada perundingan yang terjadi di Rengasdengklok.

"Di Rengasdengklok tidak ada perundingan suatupun. Di sana kami menganggur satu hari lamanja, seolah-olah mempersaksikan dari djauh gagalnja suatu tjita-tjita jang tidak berdasarkan realitet," tulis Hatta dalam ejaan lama.

Baca juga: Kisah di Balik Perumusan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Perampasan kekuasaan di Rengasdengklok

Meski tidak ada perundingan, Hatta menyatakan, Rengasdengklok merupakan satu-satunya daerah yang terjadi perampasan kekuasaan Jepang oleh tentara Pembela Tanah Air (Peta).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.