4 Kelas Masyarakat Jawa pada Masa Kolonial Menurut Koentjaraningrat

Kompas.com - 11/08/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com – Pada masa kolonial, ada kelas sosial yang berlaku di masyarakat Jawa. Ada golongan bangsawan dan ada golongan rendahan. 

Kelas ini tak muncul dengan sendirinya, melainkan konstruksi dari adat dan keyakinan, yang kemudian dilanggengkan oleh pemerintah kolonial yang berkuasa waktu itu.

Menurut pendapat antropolog Koentjaraningrat, ada empat lapisan sosial masyarakat Jawa pada masa kolonial, sebagai berikut:

Baca juga: Gerakan Sosial Melawan Kolonial Belanda

Ndara (bangsawan)

Golongan ndara adalah orang-orang yang dianggap sebagai golongan tertinggi dibanding tiga lapisan sosial lainnya, karena berasal dari kaum bangsawan.

Status mereka juga masih terbagi lagi berdasarkan pangkat dan gelar sesuai dengan derajat kekerabatannya dengan di dalam keluarga kerajaan.

Dengan kata lain, dalam tradisi Jawa, yang dapat digolongkan sebagai kaum bangsawan (ndara-ndara) adalah para keturunan raja hingga derajat keempat atau kelima.

Baca juga: Priayi, Bangsawan Jawa

Priayi (birokrat)

Priayi adalah mereka yang berasal dari kalangan pegawai dan kaum intelektual Jawa.

Selain itu, priayi juga termasuk golongan orang-orang yang menjabat sebagai petinggi pemerintahan.

Di era 1900-an, golongan priayi termasuk dalam golngan elite, yaitu orang-orang yang membawahi rakyat biasa, memimpin, mempengaruhi, dan mengatur masyarakat.

Golongan priayi masih terbagi lagi ke dalam dua kategori, yaitu priayi tinggi (keturunan ningrat) dan priayi rendah (priayi sekolahan).

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.