Indonesia Menggugat: Pidato Pembelaan Soekarno di Pengadilan Belanda

Kompas.com - 08/08/2022, 18:32 WIB

KOMPAS.com - Indonesia Menggugat adalah judul pidato pembelaan atau pledoi yang dibacakan Soekarno di pengadilan pemerintah kolonial Belanda pada 18 Agustus 1930.

Naskah pidato Indonesia Menggugat ditulis Soekarno saat mendekam di penjara Bantjeuj atau Banceuy, Bandung.

Soekarno dipenjara bersama tiga rekannya di Perserikatan Nasional Indonesia (PNI), yaitu Gatot Mangkupraja, Maskun, dan Supriadinata, lantaran dituding ingin menggulingkan kekuasaan pemerintah Hindia Belanda.

Baca juga: Mengapa Soekarno Diasingkan Belanda dan Orde Baru?

Ditulis di atas kaleng buang air

Dalam buku berjudul "Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia", Soekarno menceritakan prosesnya menulis naskah pidato Indonesia Menggugat.

Uniknya, naskah pidato yang kemudian terkenal di seluruh dunia itu, ditulis Soekarno di kertas dengan beralaskan kaleng tempat buang air kecil di dalam sel penjara.

"Aku menyediakan kertas dari rumah. Tinta dari rumah. Sebuah kamus dari perpustakaan penjara. Pekerjaan ini sungguh meremukkan tulang punggung," tulis Soekarno dalam otobiografinya di buku "Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia".

"Aku tidak punya meja untuk dapat bekerja dengan enak. Selain daripada tempat tidur, satu-satunya perabot yang ada dalam selku adalah sebuah kaleng tempat buang air."

"Kaleng yang menguapkan bau tidak enak itu adalah perpaduan dari tempat buang air kecil dan tempat melepaskan hajat besar. Ia terbagi dua untuk masing-masing keperluan."

"Perkakas jang buruk ini tingginya sekira dua kaki dan lebar dua kaki. Setiap pagi aku menyeretnya dari bawah tempat tidur, kemudian menjinjingnya dan membersihkan kaleng itu."

"Malam demi malam dan tak henti-hentinya selama sebulan setengah aku mengangkat kaleng itu ke atas tempat tidur. Aku duduk bersila dan menempatkannya di hadapanku."

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.