Perlawanan Aceh terhadap Jepang

Kompas.com - 08/08/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang yang pertama terjadi di Aceh.

Faktor penyebab munculnya perlawanan rakyat Aceh terhadap Jepang adalah tindak sewenang-wenang tentara Jepang yang tidak menghormati kehidupan umat Muslim di sana.

Salah satu tokoh perlawanan Aceh terhadap Jepang adalah Teuku Abdul Jalil, yang gugur dalam pertempuran pada November 1942.

Namun, peristiwa itu tidak menjadi akhir perlawanan Aceh terhadap Jepang dan perjuangan dilanjutkan oleh Teuku Abdul Hamid Azwar.

Baca juga: Tengku Abdul Jalil, Tokoh Perlawanan Aceh terhadap Jepang

Latar belakang perlawanan Aceh terhadap Jepang

Perlawanan dari rakyat Aceh telah terjadi sejak awal pendudukan Jepang di Indonesia, terutama di Cot Plieng, Lhokseumawe.

Hal yang melatarbelakangi perlawanan rakyat Aceh terhadap Jepang pada tanggal 10 November 1942 adalah tindakan sewenang-wenang dan tidak bermoral tentara Jepang.

Selain memaksakan kehendak terhadap rakyat, tentara Jepang tidak menghormati kehidupan umat Muslim Aceh dan dengan bebas mabuk-mabukan serta bermain perempuan.

Salah satu hal yang dipaksakan adalah melakukan seikerei atau penghormatan ke arah timur yang ditujukan kepada dewa yang disembah oleh orang Jepang, yaitu Dewa Matahari.

Oleh Teuku Abdul Jalil, Jepang disebut telah mengubah kiblat umat Muslim, sehingga terjadilah perlawanan yang didukung oleh rakyat.

Baca juga: Apa Itu Seikerei?

Perlawanan Teuku Abdul Jalil

Teuku Abdul Jalil adalah ulama sekaligus pemimpin pesantren yang selama masa penjajahan juga memberikan pembelajaran tentang patriotisme kepada para santrinya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.