Pertempuran Otumba, Awal Penaklukan Suku Aztec oleh Spanyol

Kompas.com - 06/07/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Pertempuran Otumba adalah peperangan yang terjadi antara aliansi suku Aztec dan pasukan Spanyol pada 7 Juli 1520.

Pihak Aztec dipimpin oleh Cihuacoatl Matlatzincatzin, sedangkan bangsa Spanyol yang bersekutu dengan orang-orang Tlaxcala, dipimpin oleh Hernan Cortes.

Pertempuran ini melibatkan sekitar 20.000 pasukan Aztec dan sekitar 800 pasukan Spanyol yang diperkuat dengan 8.000 pasukan Tlaxcala.

Meski jumlah pasukan Aztec jauh lebih banyak, peperangan dimenangkan oleh aliansi Spanyol.

Kemenangan dalam Pertempuran Otumba mengawali penaklukkan Spanyol atas suku Aztec pada 1521.

Baca juga: Tokoh-tokoh Penjelajahan Samudra dari Spanyol

Latar belakang

Latar belakang terjadinya Pertempuran Otumba diawali dengan pendaratan Hernan Cortes bersama 600 pasukannya di wilayah Kekaisaran Aztec pada akhir Maret 1519.

Pada saat itu, Cortes memang dikirim oleh Gubernur Diego Velazquez de Cuellar dari Kuba, yang berada di bawah Kerajaan Spanyol, untuk memimpin ekspedisi ke rumah suku Aztec.

Sejak pendaratannya, Cortes mulai belajar dari penduduk asli tentang peradaban Aztec, yang kala itu dikuasai Moctezuma II.

Berkat ketidakstabilan dalam Kekaisaran Aztec, Cortes berhasil membentuk aliansi dengan orang-orang Totonac dan Tlaxcala, yang sangat membenci Suku Aztec.

Pada November 1519, Cortes berhasil mencapai di Tenochtitlan, ibu kota Kekaisaran Aztec, dan disambut baik oleh Moctezuma II serta rakyatnya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber thoughtco
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.