Hubungan Indonesia-Rusia Masa Kini: Dari Era Habibie hingga Jokowi

Kompas.com - Diperbarui 05/07/2022, 16:59 WIB

KOMPAS.com - Sejarah hubungan Indonesia dan Rusia memasuki babak anyar seiring dengan berakhirnya Orde Baru serta mulai berjalannya era Reformasi.

Sejak Soeharto lengser, Indonesia telah lima kali berganti presiden, dimulai dari B.J. Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono, hingga kini dipimpin Joko Widodo.

Di sisi lain, Rusia juga mengalami pergantian kemimpinan dari Boris Yeltsin ke Vladimir Putin, lalu beralih ke Dmitry Medvedev, hingga kembali dipimpin Putin sejak 2012 hingga kini.

Baca juga: Hubungan Indonesia-Rusia: Runtuhnya Uni Soviet dan Upaya Bilateral di Era Soeharto

Selama silih berganti kepemimpinan itu pula, sejarah hubungan Indonesia dan Rusia berjalan penuh dinamika.

Hubungan Indonesia-Rusia di Masa Awal Reformasi

Setelah Soeharto mundur, wakil presiden B.J. Habibie mengambil alih jabatan Presiden Republik Indonesia. Saat itulah, era Reformasi di Indonesia dimulai.

Perubahan kepemimpinan ini juga sedikit mengubah arah kebijakan luar negeri Indonesia.

Pada masa Orde Baru, kebijakan luar negeri Indonesia lebih banyak ditetapkan dalam upaya mendekatkan diri dengan negara-negara maju.

Sementara itu, saat dipimpin B.J. Habibie pada awal masa Reformasi, pemerintah Indonesia lebih banyak fokus menyelesaikan konflik di Timor Timur.

Oleh sebab itu, tidak banyak catatan yang tertinggal soal upaya bilateral dalam hubungan Indonesia dan Rusia pada masa kepimpinan B.J. Habibie.

Meski begitu, dalam pemerintahan B.J. Habibie yang berlangsung singkat, Indonesia tercatat telah menerima kunjungan Menteri Luar Rusia, Yuri Maslyukov, di Jakarta pada Maret 1999.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.